Sukses

5 Rekrutan Terburuk Arsenal Era Arsene Wenger

Andre Santos dianggap terlalu mahal, Park tak sesuai harapan.

Liputan6.com, London - Arsene Wenger telah lama dikenal sebagai sosok yang jeli dalam membeli pemain. Sejak melatih Arsenal pada 1996, pria asal Prancis ini sudah begitu banyak mendatangkan pemain yang kemudian menjadi bintang Arsenal.

Thierry Henry, Emmanuel Petit, dan Patrick Vieira adalah sebagian kecil dari pemain-pemain rekrutan Wenger yang kemudian jadi primadona di Arsenal. Wenger juga pernah membuat pemain muda seperti Nicolas Anelka menjadi bintang yang kemudian direkrut raksasa Spanyol, Real Madrid.

Baca Juga

  • 8 Fakta Menarik Jelang Everton Vs Arsenal
  • Rio Haryanto: Cuaca di GP Australia Susah Ditebak
  • Ronaldo Makin Mesra dengan Putri Miliarder Inggris

Tak hanya itu, banyak juga bintang-bintang binaan Wenger yang kemudian menghasilkan uang banyak saat dijual. Padahal, saat mendatangkannya, Arsenal tak mengeluarkan banyak uang. Salah satunya Cesc Fabregas, yang mereka juga kembali ke klub asalnya, Barcelona.

Tapi, tak semua pemain yang didatangkan Wenger bisa sukses, memberikan kontribusi bagus bagi Arsenal. Ada beberapa di antara mereka yang justru redup sinarnya saat berlabuh di Emirates. Siapa saja mereka?
Berikut lima rekrutan terburuk Arsenal di era Arsene Wenger:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Andre Santos

Andre Santos
Bek asal Brasil, Andre Santos, dibeli Arsenal cukup mahal, 6 juta pound sterling, dari klub Turki, Fenerbahce pada tahun 2011. Namun, performa Santos jauh dari harapan.

Awalnya, suporter Arsenal berharap Santos bisa menjelma menjadi Roberto Carlos, karena memiliki posisi sama dengan sang legenda Brasil itu. Namun, harapan itu tinggal harapan, karena Santos justru lebih sering jadi cadangan.

Dua musim membela Arsenal, Santos hanya tampil di 25 pertandingan Liga Primer. Arsenal kemudian meminjamkannya ke Gremio, sebelum resmi melepasnya ke klub Brasil lainnya, Flamengo.

Yang membuat fans marah, Santos sempat bertukar kostum dengan mantan pemain Arsenal yang ketika itu telah membela Manchester United, Robin Van Persie di sebuah laga. Pasalnya, ketika itu, Van Persie sudah dicap sebagai pengkhianat.

3 dari 6 halaman

Francis Jeffers

Francis Jeffers
Francis Jeffers tiba di Arsenal pada tahun 2001 setelah didatangkan dari Everton seharga 8 juta pound sterling. Ketika itu, Jeffers didatangkan karena Arsenal membutuhkan seorang penyerang murni yang diharapkan bisa menjadi predator di muka gawang lawan.

Tapi, apa mau dikata, kualitas mantan penyerang Inggris U-21 ini ternyata tak sesuai yang diharapkan. Apalagi, pemain kelahiran Liverpool itu juga sempat dibebat panjang. Makin lengkaplah kekecewaan publik The Gunners.

Jeffers pun lebih sering duduk di bangku cadangan. Tiga musim membela Arsena, Jeffers hanya tampil di 22 pertandingan dan mencetak empat gol.

Yang lebih menyakitkan, ternyata Arsenal justru lebih sering mencetak kemenangan saat tidak diperkuat Jeffers. Arsenal pun sempat meminjamkannya kembali ke Everton, sebelum akhirnya melepaskan ke Charlton Athletic pada 2004.

4 dari 6 halaman

Park Chu Young

Park Chu Young
Pemain asal Korea Selatan, Park Chu Young sempat diprediksi bakal menjulang saat didatangkan, tahun 2011. Maklum, penampilan dia di klub sebelumnya, Monaco cukup menarik perhatian.

Dugaan itu hampir menjadi kenyataan, saat Park langsung mencetak gol di laga debutnya pada ajang Piala Liga Inggris. Dia mencetak satu gol kemenangan 2-1 Arsenal atas Bolton Wanderers.

Namun, setelah itu namanya justru tenggelam. Di Liga Primer Inggris, Park hanya dipercaya tampil di satu pertandingan. Itu pun sebagai pemain pengganti.

Orang pun banyak menduga, transfer Park hanya merupakan strategi bisnis Arsenal untuk menarik pasar dari Asia. Apalagi, di The Gunners, Park diberikan nommor "9", nomor yang biasanya dipakai para penyerang andalan di sebuah tim.

5 dari 6 halaman

Gervinho

Gervinho
Awalnya suporter Arsenal berharap Gerinvo akan menjadi "The Next Thierry Henry", mantan penyerang andalan The Gunners. Apalagi, di debutnya, Gervinho tampil gemilang dan mencetak dua gol di laga pramusim lawan FC Koeln.

Namun, di laga debutnya di Liga Primer, penampilan Gervinho malah mengecewakan. Pemain asal Senegal itu mendapat kartu merah karena menampar Joey Barton.

Secara teknik, banyak yang mengakui, Gervinho, yang diboyong seharga 8,1 juta pound dari Lille ini cukup mumpuni. Dalam hal mencetak gol ternyata berbeda. Buktinya, dari 49 laga dia hanya mampu membuat 9 gol.

Yang membuat suporter marah, Gervinho pernah menyatakan bahwa dirinya tidak suka bermain untuk Arsenal. Gervinho mengaku sangat bahagia saat akhirnya bergabung dengan Roma pada 2013. Saat ini Gervinho bermain untuk klub Tiongkok, Hebei China Fortune.

6 dari 6 halaman

Nicklas Bendtner

Nicklas Bendtner
Nicklas Bendtner bisa dibilang merupakan salah satu pemain muda yang gagal diorbitkan Wenger. Memang, Arsenal tak perlu mengeluarkan biaya banyak mendatangkannya. Namun, mengingat besarnya ekspektasi suporter, Bendtner bisa dibilang gagal total.

Buktinya, dalam sembilan tahun kariernya di Arsenal, pemain asal Denmark ini tak bisa berbuat banyak. Dia tampil di 108 pertandingan Arsenal dan hanya mampu mencetak 24 gol.

Selain masalah cedera, problem indispliner juga jadi salah satu penyebab gagalnya Bendtner bersinar bersama Arsenal. Dia pun sempat dipinjamkan ke Birmingham City, Sunderland, dan Juventus.

Uniknya, saat kembali datang ke Emirates, bersama klub yang dia bela saat ini, Wolfsburg, Bendtner mendapat sambutan hangat dari fans. Bendtner sendiri memperkuat Wolfsburg sejak tahun 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Arsene Wenger