Sukses

Kenali Kualifikasi F1 Sistem KO untuk Rio Haryanto

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto bakal menjalani tantangan berat saat melakoni kualifikasi Formula 1 (F1) yang berlangsung di Sirkuit Albert Park pada Sabtu (19/3/2016) siang ini pada pukul 13.00 hingga 14.00. Soalnya, kualifikasi sistem knock out (KO) bakal langsung diterapkan di seri pertama F1 ini.

Apa itu kualifikasi sistem KO? Masih seperti sistem kualifikasi yang lama, ada tiga tahapan kualifikasi yaitu kualifikasi 1 (Q1), Q2 dan Q3.

Yang membedakan, sistem KO membatasi jalannya kualifikasi dengan waktu. Dari tiga tahapan kualifikasi itu, waktu yang diberikan kepada pembalap di tiga kualifikasi terus berkurang.

Ingin tahu detail kualifikasi sistem KO? Berikut penjelasannya:

Kualifikasi 1 (Q1)

Waktu: 16 menit

Jalannya kualifikasi: 22 mobil bakal bergiliran lakukan flying lap selama 7 menit. Nah pada 7 menit pertama ini bakal diketahui siapa pembalap yang paling lambat. Praktis, pembalap yang paling lambat langsung tersingkir. Berikutnya setiap 90 detik, satu pembalap paling lambat tersingkir.

15 pembalap lalu akan berlanjut ke kualifikasi 2. Tujuh pembalap tereliminasi di kualifikasi 1.

Kualifikasi 2 (Q2)

Waktu: 15 menit

Jalannya kualifikasi: 15 pembalap bertarung untuk catatkan waktu terbaik. Pada 6 menit pertama, satu pembalap yang paling lambat langsung tersisih. Setelah itu satu pembalap yang paling lambat bakal gugur setiap 90 detik.

Tersisa 8 pembalap yang melaju ke kualifikasi 3. 7 pembalap tersisih di kualifikasi 2.

Kualifikasi 3 (Q3)

Waktu: 14 menit

Jalannya lomba: 8 pembalap bertarung untuk kejar waktu terbaik. Setelah 5 menit pertama, satu pembalap paling lambat langsung tersisih. Selanjutnya satu pembalap bakal tersisih setiap 90 detik hingga didapatkan peraih pole positions.

Artikel Selanjutnya
Formula 2: Sean Berharap Bisa Tampil Konsisten
Artikel Selanjutnya
Sean Gelael Petik Poin Penting di Formula 2 Italia