Sukses

5 Pelajaran Berharga Rio Haryanto Jelang Formula 1 GP Australia

Pembalap Indonesia Rio Haryanto akan mengawali kiprahnya di Formula 1 musim ini.

Liputan6.com, Melbourne - Pembalap Indonesia, Rio Haryanto akan memulai kiprahnya di balapan Formula 1, Minggu (20/3/2016). Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia jadi saksi bagi debut pemuda asal Solo tersebut.

Rio Haryanto tampil bersama Manor Racing. Menunggang jet darat MRT05, Rio Haryanto menjadi pembalap Indonesia pertama yang mentas di balapan jet darat paling bergengsi di muka bumi itu.

Baca Juga

  • 2 Menteri Indonesia Sambangi Rio Haryanto di Paddock Manor
  • Kenali Kualifikasi F1 Sistem KO untuk Rio Haryanto
  • Latihan Bebas 3: Rio Haryanto di Posisi Buncit

Namun sebagai pembalap debutan, Rio Haryanto tampaknya perlu kerja keras. Selain punya "PR" mengatasi demam panggung, pekerjaan yang tentu tak kalah beratnya tentu saja beradaptasi dengan mobil balap tunggangannya.

Apalagi sejak sesi tes pramusim di Sirkuit Catalunya, Spanyol, beberapa waktu lalu, ada saja kendala yang dihadapi Rio Haryanto saat menunggangi MRT05. Mulai dari melintir ke tepi lintasan, hingga masalah oli bocor yang membuatnya kehilangan waktu untuk tes. Namun semoga insiden ini membuat Rio lebih mengenal tunggangannya saat balapan berlangsung, besok. 

Mobil balap Formula One Rio Haryanto masuk kembali ke garasi sbersenggolan dengan mobil Romain Grosjean saat start sesi latihan ketiga Australian Formula One Grand Prix di Melbourne, (19/3). (REUTERS/Brandon Malone)

Berikut ini deretan insiden Rio Haryanto jelang GP Australia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melintir ke Luar Lintasan

1. Melintir ke luar lintasan
Rio Haryanto mulai berkenalan dengan MRT05 pada sesi tes pramusim terakhir yang berlangsung di Barcelona, akhir Februari lalu. Sayang hari pertama menjajal mobil bermesin Mercedes itu, Rio Haryanto sudah dapat masalah. Ya, dia melintir ke luar lintasan pada sesi pagi dan harus mengakhiri latihan lebih awal. Mobilnya MRT05 pun terpaksa dievakuasi dengan truk.

Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, memacu mobilnya saat latihan bebas kedua di Sirkuit Albert Park, Australia, Jumat (18/3/2016). Catatan waktu Rio masih berada di bawah rekan setimnya, Pascal Wehrlein. (Reuters/Jason Reed)

2. Tambrak pembatas
Nasib buruk juga menimpa Rio Haryanto pada sesi latihan sore hari berikutnya. Lagi-lagi, mobilnya tak terkendali dan melintir pada lap 51. Kali ini, mobil MRT05 itu menyenggol pagar pembatas dan mengalami kerusakan di bagian belakang.

3 dari 3 halaman

Oli Bocor

3.Oli Bocor
Rio Haryanto kembali nasib sial saat berlatih di Catalunya. Pada sesi tes pramusim kedua, Selasa (1/3/2016), Rio sebenarnya menggunakan mobil dengan sasis baru. Namun dia batal mengikuti sesi tes latihan pagi karena mobil tunggangannya mengalami kebocoran oli. Akibatnya, Rio Haryanto kehabisan waktu dan harus melewatkan sesi latihan ini di paddock.

4. Melintir saat Free Practice 1
Sebelum tampil di GP Australia, Rio Haryanto kembali mendapat kesempatan untuk menjajal MRT05 pada sesi latihan bebas, Jumat (18/3/2016). Pada FP1, mobil Rio Haryanto kembali melintir ke luar lintasan. Namun kali ini, Rio mampu menguasainya dan kembali melanjutkan sesi latihannya. Selama FP1, Rio melahap enam lap dan mencatat waktu terbaik 1 menit 43.372 detik.

Rio Haryanto saat bersenggolan dengan Romain Grosjean(Twitter F1)

5. Senggol mobil Grosjean
Setelah melenggang mulus di FP2, Rio Haryanto kembali bermasalah di FP3. Kali ini, Rio bersenggolan dengan mobil pembalap Haas F1, Romain Grosjean di pit lane. Insiden bermula saat Rio hendak keluar garasi pit stop. Di saat yang bersamaan Grosjean juga mengeluarkan mobilnya. Namun karena salah komunikasi, mobil Rio pun menyenggol mobil Grosjean. Akibat kejadian ini, keduanya kembali masuk garasikarena mobilnya harus diperbaiki.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.