Sukses

Mengenal Sanksi untuk Pembalap di F1 seperti Rio Haryanto

Aturan soal sanksi penalti di Formula 1.

Liputan6.com, Jakarta Jelang debutnya di Formula 1 GP Australia 2016 pada Minggu besok, media di Indonesia ramai membahas soal penalti Rio Haryanto. Ada beberapa kondisi yang bisa membuat seorang pembalap diganjar penalti.

Baca Juga

  • Kenali Kualifikasi F1 Sistem KO untuk Rio Haryanto
  • Adu Jotos Warnai Duel Manchester United Vs Liverpool
  • Bomber Maut Argentina Sepakat Gabung MU

Pengalaman yang buruk dijalani Rio jelang melakoni debutnya di lintasan F1 pada Minggu (20/3/2016). Itu karena Rio harus memulai balapan di Melbourne Grand Prix Circuit dari posisi paling buncit.

Petaka itu harus dihadapi Rio setelah ia jadi penyebab terjadinya insiden dengan Romain Grosjean. Tak berhati-hati saat keluar garasi pada latihan bebas tiga, ia pun tak sengaja menabrak mobil Grosjean.

Akibatnya, Rio harus mendapat sanksi start dari urutan terakhir. Tak cuma itu, Rio juga mendapat penalti dua poin. Ia dianggap melanggar pasal 31 ayat 5 regulasi Federasi Automobil Internasional (FIA). Ia pun menjadi pembalap pertama yang mendapat penalti di F1 2016.

Rio Haryanto mencatatkan waktu 1 menit 29,627 detik pada sesi kualifikasi Formula 1 GP Australia di Albert Park, Melbourne, Sabtu, 19 Maret 2016. (REUTERS/Jason Reed)

Memang ada beberapa kondisi di mana seorang pembalap berpotensi diganjar penalti. Salah satu penyebab utama jika seorang pembalap menyebabkan kecelakaan. Penyebab lainnya adalah jika seorang pembalap melakukan jump start, mengebut di pit, atau memblokir laju pembalap lain dengan cara yang tak fair.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Penalti 5 detik adalah salah satu sanksi yang paling sering diberikan atas pelanggaraan itu. Namun, ada beberapa kondisi di mana steward berhak memberikan sanksi khusus.

Dalam konteks ini, hal itu yang menyebabkan Rio kena penalti dua poin. Jika pada GP Australia Rio kembali mendapat sanksi satu poin, bisa dipastikan ia akan memulai balapan seri selanjutnya dengan mundur 10 grid dari posisi asli start-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini