Sukses

Infografis Menarik Rio Haryanto di F1

Rio Haryanto telah menyelesaikan sesi kualifikasi seri pertama Formula 1 2016 yang berlangsung di Albert Park, Melbourne, Australia.

Liputan6.com, Melbourne - Rio Haryanto telah menyelesaikan sesi kualifikasi seri pertama Formula 1 2016 yang berlangsung di Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu, 19 Maret 2016. Sayangnya, dia harus menerima hukuman untuk balapan besok.

Jagoan balap Indonesia itu mencatatkan waktu 1 menit 29,627 detik, lebih baik dari rekan setimnya di Manor Racing Pascal Wehrlein. Rio berada di urutan ke-21 saat sesi kualifikasi.

Baca Juga

  • Menpora Bakal Izinkan ISL Bergulir, Asal...
  • 6 Pemain 'Pengkhianat' yang Melawan Negaranya Sendiri
  • Pakai Hijab, WAGs Serie A Terlihat Semakin Cantik

Namun posisi startnya harus berubah. Hal itu disebabkan Federasi Mobil Balap Internasional (FIA) menyatakan Rio bersalah karena menabrak pembalap Haas F1 Team Romain Grosjean saat sesi latihan bebeas ketiga.

"Pengemudi mobil nomor 88 meninggalkan garasi tim, tapi tidak memperhatikan mobil yang mendekati jalur cepat," bunyi pernyataan FIA dalam surat resminya kepada Manor Racing.

Posisi pembalap berusia 23 tahun itu harus mundur tiga grid. Rio pun harus start dari posisi buncit. Meski dihukum, Rio tetap mendapat banyak dukungan dari fansnya untuk balapan besok, terutama dari sahabat Rio.

Terlepas dari insiden dengan Grosjean, Rio adalah fenomena baru di F1. Dia adalah pembalap pertama asal Indonesia yang tampil di F1. Rio juga tercatat sebagai pembalap Asia satu-satunya di ajang balap jet darat musim ini.

Berikut tiga infografis Rio bersama Manor Racing untuk F1 2016:

Spesifikasi mobil Manor Racing (Abdillah/Liputan6.com)

Daftar lengkap pembalap F1 2016, Rio Haryanto jadi pembalap pertama Indonesia di F1. (Abdillah/Liputan6.com)

Jadwal F1 2016 yang harus dijalani Rio Haryanto. (Abdillah/Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini