Sukses

Tabrak Grosjean, Rio Haryanto Jadi Sorotan Dunia

Banyak media Internasional memberitakan kejadian yang dialami Rio.

Liputan6.com, Jakarta- Pembalap Indonesia Rio Haryanto mengalami nasib buruk jelang debut di Formula One. Mobil Manor Racing yang dikendarai Rio menabrak mobil pembalap tim Haas, Romain Grosjean di pit lane saat sesi latihan bebas ketiga.

Baca Juga

  • MotoGP: Lorenzo Start Terdepan di Losail, Rossi Terpuruk
  • Ditahan West Ham, Penalti Fabregas Selamatkan Muka Chelsea
  • Piala Bhayangkara: Iwan Setiawan Sebut Wasit di Indonesia Bodoh


Rio dianggap bersalah oleh Race Director GP Australia. Akibatnya pembalap asal Solo itu diganjar sanksi mundur tiga grid dari posisi start dan penalti poin dua.

Pemuda 23 tahun itu dinilai tidak memperhatikan datangnya mobil Grosjean yang saat itu sudah berada di jalur cepat.

Karena posisi awal start Rio di urutan ke-21, maka dia hanya bisa mundur satu grid. Berarti Rio harus memulai balapan GP Austrlia yang digelar Minggu (20/3/2016) di posisi buncit.

Kejadian tabrakan yang dialami Rio di pit lane jadi sorotan media-media internasional. Meski belum punya nama di F1, insiden buruk ini diberitakan oleh media besar seperti Reuters, Daily Mail hingga GrandPrix24.

Walau mendapat nasib buruk jelang debut di F1, Rio masih mendapat dukungan dari fansnya di Indonesia.

"Dan inilah debut Rio saat kualifikasi. Keep calm! Balapan sesungguhnya masih esok hari mari terus rapatkan dukungan & do'a tentunya# TeamRH88," tulis akun Twitter, @SahabatRio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.