Sukses

Top 3 Berita Bola: Aksi Rio Haryanto Terhenti di GP Australia

Ditariknya mobil Rio Haryanto dari lintasan balap lebih cepat, masih menjadi topik yang paling ramai dibicarakan pembaca kanan Liputan6.com.

Liputan6.com, Melbourne - Ditariknya mobil Rio Haryanto dari lintasan balap lebih cepat, masih menjadi topik yang paling ramai dibicarakan pembaca kanan Liputan6.com, Senin ( 21/3/2016) pagi. Mulai dari pernyataan maaf tim Rio di Formula Satu (F1), Manor Racing, hingga komentar sang pembalap sendiri karena mengawali debutnya yang kurang mulus.

Kerusakan transmisi atau gearbox pada mobil MRT05, tunggangan Rio menjadi berita paling banyak dicari pembaca. Rio gagal menyelesaikan balapan pertamanya di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia sama seperti tiga pesaingnya, Fernando Alonso, Esteban Gutierrez, dan Kimi Raikkonen. Namun, semuanya punya insiden yang berbeda-beda.

Saat balapan memasuki lap ke 17, ban depan sebelah kanan Alonso tak sengaja menabrak ban belakang VF-16, mobil milik Gutierrez. Akibatnya, Honda RA616H yang ditunggani Alonso terhempas ke luar trek dan sempat berguling di udara dua kali sebelum ringsek menabrak pagar pembatas.

Sedangkan Rio tak bisa menyentuh garis finis gearbox mobilnya tidak bisa bekerja secara maksimal. Dia pun terpaksa mengakhiri balapan pada lap ke-18. Berikut daftar top 3 berita kanal bola Liputan6.com, Senin (21/3) hari ini.

1. GP Australia: Rio Haryanto Out, Manor Minta Maaf

Manor Racing meminta maaf kepada Rio Haryanto karena gagal mewujudkan ambisinya finis pada debut Formula 1 yang berlangsung di Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu, 20 Maret 2016.

Jagoan balap Indonesia itu sebenarnya melakukan start dengan baik. Rio bahkan sempat berada di posisi ke-18.

Pembalap berusia 23 tahun ini menyatakan tetap semangat untuk balapan selanjutnya di Bahrain. F1 GP Bahrain sendiri bakal berlangsung pada 3 April 2016. "Saya bakal fokus untuk balapan di Bahrain," ucap Rio Haryanto. Selengkapnya klik di sini

Pembalap Manor Racing, Rio Haryanto berbincang dengan penggemarnya jelang debut pada ajang Formula 1 di GP Australia, Melbourne, Minggu (20/3). Akibat mendapat penalti, Rio Haryanto harus memulai Grand Prix Australia dari posisi buncit. (Paul Crock/AFP)

2. Tabrak Grosjean, Rio Haryanto Jadi Sorotan Dunia

Pembalap Indonesia Rio Haryanto mengalami nasib buruk jelang debut di Formula One. Mobil Manor Racing yang dikendarai Rio menabrak mobil pembalap tim Haas, Romain Grosjean di pit lane saat sesi latihan bebas ketiga.

Rio dianggap bersalah oleh Race Director GP Australia. Akibatnya pembalap asal Solo itu diganjar sanksi mundur tiga grid dari posisi start dan penalti poin dua.

Pria asal Solo itu dinilai tidak memperhatikan datangnya mobil Grosjean yang saat itu sudah berada di jalur cepat. Selengkapnya klik di sini

Mobil Rio Haryanto dan Romain Grosjean bertabrakan jelang latihan bebas ketiga Formula 1 GP Australia (Reuters)

3. Komentar Rio Haryanto Usai Debut F1 yang Tak Berjalan Mulus

Pembalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, gagal finis di F1 Grand Prix Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Minggu (20/3/2016). Mobil Rio mengalami kerusakan sehingga dia tidak bisa melanjutkan balapan.

Debutnya tidak berjalan mulus, Rio mengaku tetap optimistis dengan perjuangannya bersama Manor. Dia juga melihat hal positif dari balapan perdananya di F1, kendati harus terhenti di lap ke-17.

Balapan terhenti pada lap ke-17 menyusul kecelakaan fatal yang dialami Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez. Ketika balapan dihentikan sementara, mobil Rio ternyata mengalami masalah driveline atau transmisi. Selengkapnya klik di sini

Rio Haryanto kecewa karena tidak bisa lanjutkan lomba (twitter)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.