Sukses

Tim Rio Haryanto Puas dengan Progres Mobil

Manor Racing dalam kepercayaan diri yang tinggi menuju GP Bahrain 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Manor Racing merasa puas dengan hasil yang didapat dua pembalapnya pada seri perdana Formula 1 2016. Racing Director Manor, Dave Ryan, mengakui timnya sudah membuat progres hebat.

Manor sudah mengevaluasi hasil yang mereka dapat pada GP Australia 2016 di Sirkuit Albert Park, Minggu (20/3/2016). Meski dua pembalap mereka mendapatkan hasil yang berbeda, Dave Ryan mengaku puas.

Baca Juga

  • Lupakan Melbourne, Rio Haryanto Fokus Bahrain
  • Tragis, Titisan Pele Kini Jadi Sales Vacuum Cleaner
  • Arema vs PS Polri: Duel 2 Tim Favorit

Pascal Wehrlein menjadi penyelamat Manor pada seri perdana itu. Di tengah banyaknya pembalap yang berguguran, Wehrlein justru sukses mencapai garis finis.

Aksi rekan setim rio Haryanto di manor, Pascal Wehrlein di GP Australia. (AFP/Josep Lago)
Ia sukses menghiasi debutnya di F1 dengan finis di posisi ke-16. Sayang, nasib berbeda didapat Rio Haryanto. Pembalap kebanggaan Indonesia itu malah terhenti di lap 17.

Rio sebenarnya mengawali race dengan baik. Sebagai pembalap debutan, dia juga terlihat cukup percaya diri. Hanya sayang, masalah gearbox membuat putra kebanggaan Indonesia ini gagal menyelesaikan lap yang berjumlah total 57 itu.

Kemajuan Besar
Jika berkaca pada apa yang terjadi di musim lalu, Manor sudah membuat kemajuan besar. Musim lalu, Manor yang masih menggunakan nama Marussia terpaksa absen balapan di Australia karena masalah perangkat lunak.

Aksi Rio Haryanto di GP Australia harus terhenti di lap ke-17. (Reuters)"Kami bisa mengambil beberapa hal positif dari balapan perdana kami musim ini. Jelas kami membuat langkah yang bagus dibandingkan musim lalu. Di waktu yang sama, kami belajar banyak di mana kami harus berimprovisasi," kata Ryan seperti dilansir Crash.net.

Ryan pun memuji performa Rio dan Wehrlein yang disebut telah mampu mengeluarkan kemampuan terbaik. Kepada Rio, Ryan juga memberikan dukunga khusus, terutama untuk tampil di seri kedua di Bahrain, awal April mendatang.

"Pascal melakukan pekerjaan bagus. Rio juga mendapatkan start bagus. Ia mengelola mobilnya dengan sangat baik. Setelah Red Flag dikibarkan, hal buruk terjadi. Hal itu yang akan menjadi fokus kami di Bahrain," tambah Ryan.


Rio Haryanto mendapat dukungan penuh dari warga negara Indonesia di GP Australia. (AFP/Paul Crock)

Catatan Bagus di Bahrain
Di sisi lain, Manor punya catatan yang bagus setiap balapan di Bahrain. Saat masih bernama Marussia Virgin Racing, cuma ada satu pembalap mereka yang gagal finis di Bahrain. Pembalap itu adalah Charles Pic pada musim 2012. Sisanya, pembalap Marussia mampu menyelesaikan balapan.

Bahkan, Max Chilton sempat bawa Marussia finis di urutan 13 GP Bahrain 2014. Musim lalu, Will Stevens dan Roberto Merhi masing-masing amankan posisi 16-17 di Bahrain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini