Sukses

Rio Haryanto Jadi Pembalap F1 Paling Populer di GP Australia

Liputan6.com, Jakarta - Rio Haryanto memang gagal finis dalam debutnya di Formula 1 yang berlangsung di Albert Park, Australia, akhir pekan lalu. Namun, dia mengalahkan juara GP Australia Nico Rosberg hingga pembalap Haas Team F1 Romain Grosjean dalam hal popularitas di dunia internet.

Sehari sebelum balapan di Albert Park, Rio Haryanto sempat mengalami insiden dengan Grosjean. Pembalap Manor Racing itu menyenggol mobil Grosjean saat sesi latihan bebas ketiga.

Insiden itu pun menjadi pusat perhatian pengguna internet. Puluhan ribu tweet memperbincangkan insiden antara Rio Haryanto dengan Grosjean. Mereka adu argumen siapa yang bersalah.

Dikutip dari Autoweek.com, nama Rio paling banyak dibicarakan di Twitter. Nama pembalap asal Solo itu disebut-sebut netizen lebih dari 22 ribu kali. Sedangkan Grosjean tak lebih dari 14 ribu kali.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Rio Haryanto merupakan pembalap Indonesia pertama yang tampil di Formula 1. Dia juga menjadi satu-satunya wakil Asia yang pada balapan jet darat musim ini. Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara paling aktif menggunakan media sosial, seperti Twitter. Dengan penduduk lebih dari 250 juta jiwa, Rio secara tak langsung ikut meningkatkan popularitas F1 di Indonesia.

Sementara itu, Rio Haryanto merasa senang sudah menyelesaikan debutnya di Formula 1, meski gagal finis karena kerusakan gearbox. "Akhir pekan lalu, debut saya benar-benar istimewa. Semua orang di Indonesia sangat luar biasa," katanya.

Pembalap Manor Racing, Rio Haryanto berbincang dengan penggemarnya jelang debut pada ajang Formula 1 di GP Australia, Melbourne, Minggu (20/3). (Paul Crock/AFP)

Artikel Selanjutnya
Tundukkan Bottas, Lewis Hamilton Juara GP Italia
Artikel Selanjutnya
Cetak Rekor, Lewis Hamilton Start Terdepan di GP Italia