Sukses

Timnas Italia Berburu Suksesor Conte

Nama Capello dan Donadoni difavoritkan menjadi pelatih Timnas Italia setelah Euro 2016.

Liputan6.com, Roma - Antonio Conte sudah memutuskan menanggalkan jabatan pelatih Timnas Italia usai Euro 2016. Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) pun kini harus mulai berburu pengganti Conte untuk menangani Gli Azzurri.

Sejumlah nama terus dikaitkan untuk menjadi suksesor Conte. Roberto Donadoni disebut-sebut sebagai kandidat yang difavoritkan menangani Giorgio Chiellini dan kawan-kawan selepas turnamen antar negara Eropa tersebut.

Baca Juga

  • Cile Vs Argentina: Mengasah Ketajaman Duet Aguero-Messi
  • Indonesia Terancam Jadi Penonton di Piala AFF 2016
  • Ronaldo Punya Anak Lagi, Identitas Ibunya Masih Misterius

Namun, Donadoni belum mengonfirmasi apakah bakal kembali menerima tawaran sebagai arsitek Timnas Italia. Donadoni diketahui pernah menukangi Gli Azzurri pada periode 2006 hingga 2008.

Donadoni sejauh ini masih konsisten dengan keinginannya melatih Bologna di kompetisi Serie A Italia. Bologna musim ini tampil cukup mengejutkan dengan menembus papan tengah klasemen sementara Serie A, setelah awalnya dianggap klub yang terancam terdegradasi.



Ketidakjelasan sikap Donadoni membuat FIGC mulai mencari pelatih alternatif untuk menangani Timnas Italia. Yang menarik, muncul nama Fabio Capello sebagai salah calon pelatih Gli Azzurri pengganti Conte.

Seperti dilansir Sky Sport Italia, kans Capello untuk menukangi Timnas Italia meningkat, mengingat dia kini berstatus pengangguran. Apalagi Capello memiliki pengalaman melatih Timnas, karena sebelumnya pernah membesut Timnas Inggris dan Rusia.



Namun, kemungkinan penunjukkan Capello sesungguhnya merupakan proses pengembangan dari rencana menjadikan Fabio Cannavaro sebagai pelatih Timnas Italia. Cannavaro sendiri nantinya menjadi asisten pelatih Capello terlebih dahulu.

Prestasi Cannavaro sebagai kapten Timnas Italia kala menjuarai Piala Dunia 2006 diyakini bisa menularkan mental juara para pemain Gli Azzurri di masa depan. Cannavaro juga bisa belajar banyak dari Capello, sosok yang bukan hanya pelatih, tapi juga guru bagi mantan pemain Juventus tersebut.



Rencananya, setelah Capello memutuskan pensiun dari jabatan pelatih Timnas Italia nanti, Cannavaro langsung promosi untuk menggantikannya. Saat itu juga, sejumlah pemain muda Italia seperti, Stephan El Shaarawy, Federico Bernardeschi, Marco Verratti, Alessio Romagnoli, dan Gianluigi Donnarumma, sudah semakin matang untuk bisa membawa Gli Azzurri berjaya lagi.

Capello sebelumnya sempat berkomentar tidak akan menerima posisi sebagai pelatih timnnas. Mantan pelatih AC Milan dan Real Madrid ini lebih memilih kembali melatih di level klub seperti sebelumnya.



Namun, mengingat Capello belum pernah menangani Timnas Italia. Tentu tawaran dari FIGC akan membuat pelatih berusia 69 tahun tersebut tertarik berkontribusi untuk negara kelahirannya, Italia.

Nama Cannavaro juga akan memikat Capello untuk bersedia menukangi Timnas Italia setelah Euro 2016. Oleh karena itu, besar kemungkinan Capello menerima tawaran yang diajukan FIGC, untuk pelatih seusia dia, tekanan melatih Timnas tidak sebesar di level klub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini