Sukses

5 Penyerang Terhebat dalam Sejarah Piala Eropa

Michel Platini memuncaki daftar meski hanya memiliki satu kesempatan.

Liputan6.com, Jakarta Piala Eropa selalu jadi salah satu kompetisi yang paling dinanti jagat sepakbola dunia. Sebagian besar publik ingin melihat siapa penyerang yang akan bersinar di Piala Eropa. Itu karena peran striker begitu penting bagi sebuah tim.

Baca Juga

  • Soal Perpanjangan Kontrak, Lorenzo Dikejar Waktu
  • Rio Haryanto Debut di F1, Pria Ini Lakukan Nazar Unik
  • Digoda MU 60 Juta Pounds, Mourinho Akan Jadi Pelatih Terkaya



Dilihat dari tingkat popularitas, Piala Eropa adalah kompetisi sepakbola yang paling terkenal setelah Piala Dunia. Pasalnya, tim-tim Eropa selalu memperlihatkan permainan menarik saat bertemu. Apalagi, Euro juga dijadikan sebagai ajang unjuk gigi untuk para striker.

Ketajaman mereka jelas akan mendapatkan ujian besar di Piala Eropa. Namun, cukup banyak penyerang yang mampu melewati ujian itu. Beberapa nama pun masuk dalam daftar top skor Euro. Liputan6.com merangkum lima penyerang terhebat dalam sejarah Euro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Zlatan Ibrahimovic (Swedia, 1999-sekarang)


Ibra adalah salah satu penyerang mematikan di dunia. Ketajamannya sudah dibuktikan di berbagai level. Klub-klub seperti Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, dan Paris Saint-Germain pun sudah menikmati servis terbaiknya.

Jika ditotal, bomber kelahiran 3 Oktober 1981 itu sudah mengoleksi 377 gol dari 666 pertandingan di semua klub. Ibra pun tak cuma subur di level klub, tapi juga bersama timnas Swedia. Tak heran jika namanya ada di puncak daftar top skor Swedia sepanjang masa.

Ia sudah mengoleksi 62 gol dari 111 laga bersama Swedia. Enam gol di antaranya didapat dari 10 kali bermain di Euro. Meski belum mampu mempersembahkan gelar juara, Ibra tetap dianggap sebagai salah satu bomber berbahaya dalam sejarah Piala Eropa.

Bahkan, Ibra berpeluang menambah pundi-pundi golnya. Itu karena Ibra sukses membawa Swedia lolos ke putaran final Euro 2016 Prancis. Swedia bergabung bersama Belgia, Italia, dan Republik Irlandia di Grup E.

3 dari 6 halaman

4. Patrick Kluivert (Belanda, 1994-2008)


Dalam sejarah sepakbola Belanda, Kluivert masuk dalam daftar penyerang hebat di negara itu. Ia sudah membuktikan kehebatannya bersama klub-klub sekaliber Ajax, Milan, Barca, PSV Eindhoven, dan Valencia. Tak heran jika Kluivert sudah menikmati begitu banyak gelar di level klub.

Beberapa pihak meyakini Kluivert mampu mengerahkan kemampuan terbaiknya saat berseragam timnas Belanda. Buktinya, ia ada di urutan ketiga daftar top skor Belanda sepanjang masa dengan 40 gol 79 pertandingan.

Enam gol diantaranya mampu diciptakan Kluivert di ajang Euro. Ia hanya butuh sembilan pertandingan untuk mengoleksi enam gol. Kebetulan, Kluivert memang punya kesempatan tampil di dua edisi Euro, yakni pada 1996 dan 2000.

Sayang, Kluivert tak mampu mempersembahkan gelar juara Euro kepada De Oranje. Laju terjauh Belanda bersama Kluivert adalah semifinal pada edisi 2000. Saat itu Belanda kalah adu penalti dari Italia.

4 dari 6 halaman

3. Ruud van Nistelrooy (Belanda, 1993-2012)


Belanda kembali menghadirkan salah satu bombernya dalam daftar striker terhebat Piala Eropa sepanjang masa. Kali ini adalah Van Nistelrooy. Mantan pilar Manchester United ini memang dianggap sebagai penyerang terbaik yang pernah ada di Eropa.

Kariernya bersama Belanda dimulai sejak 18 November 1998. Saat itu ia tampil pada laga uji coba melawan Jerman. Sejak itu, ia sudah mengoleksi 35 gol dari 70 pertandingan.

Di ajang Euro, pria kelahiran 1 Juli 1976 itu juga masuk dalam daftar top skor sepanjang masa. Total, ia mengoleksi enam gol dari dua edisi Euro, yakni pada 2004 dan 2008. Hebatnya, Nistelrooy hanya butuh 8 pertandingan untuk mencetak enam gol.

Sayang, ia bernasib sama seperti Kluivert, yakni tidak mampu mempersembahkan gelar Piala Eropa. Setelah membawa Belanda mencapai semifinal pada edisi 2004, Nistelrooy malah hanya mampu melesatkan De Oranje hingga 8 besar edisi 2008.

5 dari 6 halaman

2. Alan Shearer (Inggris, 1988-2006)


Inggris memang belum pernah memenangi gelar Euro. Pencapaian terbaik mereka hanya mencapai semifinal saat menjadi tuan rumah pada edisi 1996.

Meski begitu, Inggris tetap mampu melahirkan banyak penyerang-penyerang hebat  dalam sejarah sepakbola. Salah satu yang cukup dikenang adalah Shearer.

Pemain yang memenangi gelar Premier League bersama Blackburn Rovers pada 1994/1995 itu memiliki sejarah hebat bersama Inggris. Mengoleksi 30 gol dari 63 laga adalah bukti kehebatan eks pemain Newcastle United itu.

Bahkan, nama Shearer ada di urutan dua daftar top skor Euro sepanjang masa. Itu karena kehebatan Shearer yang sukses menceploskan tujuh gol dari sembilan laga. Jumlah itu didapat Shearer dari penampilan di tiga edisi Euro, yakni pada 1992, 1996, 2000.

6 dari 6 halaman

1. Michel Platini (Prancis, 1972-1987)


Sejatinya, posisi asli Platini adalah gelandang. Namun, ia juga mampu menempatkan dirinya sebagai penyerang berbahaya. Memuncaki daftar pemain tersubur sepanjang masa Piala Eropa adalah bukti otentik kebesarannya.

Memulai karier bersama timnas Prancis sejak 1972, Platini mampu menorehkan tinta emas sepanjang perjalanannya. Tercatat, Platini mampu membukukan 41 gol dari 72 pertandingan bersama Les Bleus. Ia ada di urutan dua daftar top skor Prancis sepanjang masa.

Salah satu kehebatan Platini diperlihatkan saat Prancis menjadi tuan rumah Euro 1984. Ia mampu membawa Prancis ke takhta juara setelah mengalahkan Spanyol 2-0 di final. Andil Platini cukup besar karena mampu membukukan 9 gol hanya dari 5 pertandingan.

Sayang, edisi 1984 adalah satu-satunya kesempatan di mana Platini bisa beraksi di Euro. Meski hanya mendapat satu kesempatan, hingga kini belum ada pemain yang mampu melewati pencapaian mantan punggawa Nancy itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini