Sukses

Juara MotoGP Qatar, Lorenzo Belum Paham Cara Kerja ECU

Pembalap Yamaha Movistar Jorge Lorenzo mengatakan Electronic Control Unit (ECU) bisa membuat banyak kejutan di MotoGP 2016.

Liputan6.com, Doha - Pembalap Yamaha Movistar Jorge Lorenzo mengatakan Electronic Control Unit (ECU) bisa membuat banyak kejutan di MotoGP 2016. Namun dia mengakui kalau timnya belum paham secara mendalam mengenai kinerja ECU baru.

ECU adalah sebuah alat yang berfungsi untuk melakukan optimasi kerja mesin kendaraan. Ada tiga fungsi ECU, yakni mengontrol injeksi bahan bakar, mengontrol pengapian dan mengontrol waktu katup.

Baca Juga

  • Guardiola: Messi Pensiun, Barcelona Pasti Tenggelam
  • Pembalap Jepang: Rio Haryanto Ceroboh di Australia
  • Tak Seperti KTM, BMW Ogah Balapan di MotoGP

"Melihat hal yang terjadi setelah GP Qatar, sepertinya ECU baru bisa mengubah kinerja motor di berbagai sirkuit. Seorang pembalap bisa mendapat keuntungan di sebuah balapan, tapi bisa juga mendapat banyak masalah di lintasan lain," ucap Lorenzo, seperti dikutip dari Grand Prix Times.

Jorge Lorenzo (LLUIS GENE / AFP)

Pria asal Spanyol tersebut mengatakan, timnya belum mengenal secara menyeluruh mengenai kinerja ECU, meski berhasil menjadi juara di Sirkuit Losail, Qatar, pekan lalu.

"Kita harus memahami kinerjanya agar bisa lebih kompetitif pada motor. Semoga kita bisa memecahkan masalah ini lebih cepat," kata juara dunia MotoGP musim lalu itu.

Namun Lorenzo menyadari kalau ECU ini harus disesuaikan dengan lintasan yang dipakai untuk balapan MotoGP 2016. "Sepertinya ini (ECU) harus dikombinasikan dengan lintasan, jenis aspal dan tikungannya. Mungkin seperti itu," ucapnya mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini