Sukses

Inilah 5 Pelatih Tersukses di Dunia

Dari Mourinho hingga Guardiola, dari Paisley sampai Ferguson.

Liputan6.com, Jakarta - Selain pemain-pemain bintang, sosok pelatih juga selalu menentukan sukses tidaknya sebuah tim. Bahkan, sudah banyak terkisah, tim-tim medioker bisa sukses lantaran jempolannya sentuhan sang pelatih.

Jurgen Klopp dan Rudi Garcia adalah dua sosok pelatih hebat yang mampu membawa timnya berjaya, meski tidak diperhitungkan. Klopp dua musim berturut-turut membawa Borussia Dortmund menjuarai Bundesliga Jerman 2010/11 dan 2011/12. Sementara Garcia membawa tim antah berantah Lille menjuarai Liga Prancis 2010/11.

Baca Juga

  • Football Leaks Bocorkan Nilai Transfer Luis Suarez
  • Piala Bhayangkara: Geliat Suporter Bule di Markas Bali United
  • Soal Karier Anak, Messi Bebaskan Pilihan


Namun, tentu, masih banyak lagi sosok-sosok pelatih hebat yang lahir di era sepak bola modern. Setidaknya, mulai periode akhir 1980-an hingga awal 2000-an.

Mereka, pelatih-pelatih hebat ini mampu menggali kekuatan terbaik tim asuhannya sehingga melahirkan sukses-sukses besar. Hebatnya, sukses itu tak hanya mereka toreh di ajang domestik, melainkan juga Eropa.
Siapa saja mereka? Berikut lima pelatih tersukses di dunia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Carlo Ancelotti

5. Carlo Ancelotti
Carlo Ancelotti sukses membuat AC Milan berjaya di Eropa dalam enam tahun karier melatihnya. Ancelotti, yang juga mantan gelandang andalan Milan, melatih I Rossoneri pada periode 2001-2007.

Prestasi terbaiknya adalah membawa Milan dua kali jadi juara Liga Champions 2002/03 dan 2006/07. Di Milan, dia juga disebut-sebut perintis formasi "pohon cemara", 4-3-2-1.

Andrea Pirlo, salah satu pemain yang merasakan betul sentuhan Ancelotti. Ancelotti-lah yang mengubah posisinya dari playmaker menjadi gelandang jangkar.

Satu lagi gelar Liga Champions didapat Ancelotti saat melatih Real Madrid. Sementara di Chelsea dan PSG, dia melabuhkan gelar liga di musim pertamanya.

Klub yang dilatih: Juventus, AC Milan, Chelsea, PSG, Real Madrid
Gelar bergengsi: 2 Liga Champions dan 1 Liga Italia bersama Milan, Juara Liga bersama Chelsea dan PSG. Juara Liga Champions bersama Real Madrid.

3 dari 6 halaman

4. Jose Mourinho

4. Jose Mourinho
Yang tak mengenal dekat Jose Mourinho, pasti menganggap pelatih asal Portugal ini sosok yang arogan. Namun, di balik sifatnya yang dingin, sulit dimungkiri Mourinho adalah pelatih berkelas.

Nama Mourinho mulai dikenal orang saat membawa FC Porto juara Liga Champions 2003/04. Setelah itu, dia sempat bertualang di Inggris dan sukses bersama Chelsea.

Namun, prestasi terbaiknya adalah saat menangani Inter Milan di Liga Italia. Pada musim 2009/10, dia membawa Inter meraih treble winners, memenangkan tiga gelar sekaligus: Liga Italia, Piala Italia, dan Liga Champions.

Klub yang dilatih: FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid
Gelar bergengsi: 3 gelar liga, 1 Piala UEFA, dan 1 Liga Champions bersama Porto. 3 gelar liga bersama Chelsea. 1 gelar liga, Piala Italia, dan Liga Champions bersama Inter Milan. Gelar liga bersama Real Madrid.

4 dari 6 halaman

3. Josep Guardiola

3. Josep Guardiola

Boleh jadi, Josep Guardiola merupakan pelatih paling sukses di era sepak bola modern, belakangan ini. Di musim debutnya melatih, dia sukses membawa Barcelona memenangkan enam gelar selaligus!

Tidak hanya itu, bersama Barcelona, yang juga sempat dibelanya sebagai pemain, Guardiola sempat memenangkan dua gelar Liga Champions. Terakhir, bersama Bayern Muenchen, Guardiola sukses melabuhkan tiga gelar liga.

Mulai musim depan, Guardiola akan melatih Manchester City. Inilah mungkin yang akan jadi tantangan terbesar Guardiola. Pasalnya, ini akan jadi pertama kalinya dia menangani tim asal Inggris.

Klub yang dilatih: Barcelona, Bayern Muenchen
Gelar bergengsi: 3 gelar liga, 2 Liga Champions, 3 Piala Raja bersama Barcelona, tiga gelar liga bersama Bayern Muenchen.

5 dari 6 halaman

2. Bob Paisley

2. Bob Paisley
Bob Paisley adalah legenda bagi Liverpool. Bersama tim asal kota pelabuhan di Inggris itu, Paisley sukses memenangkan total 19 gelar, selama sembilan tahun.

Di bawah asuhan Paisley, di era 1970-1980-an, Liverpool merajai Liga Inggris dengan memenangkan enam gelar liga. Tak hanya itu, di Eropa, Liverpool pun dibawanya berjaya.

The Reds memenangkan tiga gelar Liga (Piala) Champions dalam kurun waktu empat tahun! Sebuah prestasi yang membuat suporter Liverpool tak ragu menyematkan gelar "legenda" kepada Paisley.

Klub yang dilatih: Liverpool
Gelar bergengsi: 6 gelar liga, 3 gelar Liga Champions, 1 Piala UEFA dan 4 Piala Liga Inggris bersama Liverpool.

6 dari 6 halaman

1. Alex Ferguson

1. Alex Ferguson
 
Total, Alex Ferguson memenangkan 38 gelar dalam 27 tahunnya melatih Manchester United (MU). Ferguson juga yang membuat suporter MU akhirnya bangga karena bisa meraih gelar liga lebih banyak daripada Liverpool, musuh bebuyutan mereka.

Saat Fergson pertama kali datang, tahun 1986, torehan gelar liga MU, tujuh, jauh di bawah Liverpool (18). Namun, di era Ferguson, MU mampu menambah 13 gelar liga dan mengungguli sang seteru.

Musim terbaik Ferguson bersama MU adalah saat mengantarkan Setan Merah meraih treble winners di musim 1998/99. Ferguson juga dikenal sebagai pelatih yang melahirkan "The Class '92", yang terdiri dari bintang-bintang muda MU yang kemudian jadi legenda. Sebut saja David Beckham, Paul Scholes, Ryan Giggs, serta Neville bersaudara.

Klub yang dilatih: Aberdeen, MU
Gelar bergengsi: 13 gelar liga, 2 Liga Champions League, 5 Piala FA, dan 4 Piala Liga Inggris bersama MU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.