Sukses

Siapkah Rio Haryanto Hadapi Angin Malam Bahrain?

Suhu di Sakhir pada malam hari sekitar 16 derajat Celcius dengan kecepatan angin sebesar 13 km/jam.

Liputan6.com, Sakhir - Rio Haryanto akan menjalani balapan malam pertamanya saat balapan seri kedua Formula 1 yang berlangsung di Sirkut Sakhir, Qatar, Minggu (3/4/2016). Balapan di Qatar bakal berlangsung pukul 18.00 waktu setempat, atau 22.00 WIB. Balapan malam tentu saja menjadi tantangan sendiri bagi Rio.

Pasalnya, suhu di Sakhir pada malam hari sekitar 16 derajat Celcius dengan kecepatan angin sebesar 13 km/jam. Kelembaban yang berada di Sirkuit Sakhir sekitar 59 persen. Tentu saja hal ini berbeda dengan iklim di Indonesia yang hanya 24 derajat Celcius pada malam hari.

Baca Juga

  • GP Bahrain: Rio Haryanto Berpeluang Finis di Depan Rekannya
  • Jelang El Clasico, Barcelona dan Madrid Perang di Twitter
  • 6 Pemain Asing Terbaik yang Pernah Dimiliki Persib

Hawa dingin tentu bakal menjadi masalah besar bagi semua pembalap, tak terkecuali Rio. Terlebih lagi, pembalap kelahiran Solo itu sempat memacu Manor Racing MRT05 hingga 328,1 km/jam ketika sesi latihan bebas kedua.

Tapi Rio tampaknya tidak punya masalah berarti dengan iklim di Bahrain. "Saya rasa iklim di Bahrain masih normal," kata manajer Rio, Piers Hunnisett saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (2/4/2016).

Piers yang menemani Rio untuk persiapan balapan di Sirkuit Sakhir, menggambarkan iklim terakhir di Bahrain. "Cuaca di sini tidak ada bedanya saat siang atau malam. Tidak terlalu panas, tapi tidak dingin juga," ucapnya.

Rio sendiri merasa sudah siap balapan malam hari, meski baru pertama melakukannya. "Ini adalah balapan malam pertama saya. Tentu ini menjadi sangat istimewa," kata pembalap berusia 23 tahun tersebut, seperti dikutip dari laman Facebook Manor Racing.

Pembalap Manor Racing Formula One asal Indonesia, Rio Haryanto saat melakukan latihan kedua di Sirkuit Sakhir, Bahrain, (1/4). GP Bahrain akan digelar pada Minggu (3/4). (REUTERS / Hamad I Mohammed)

Sementara Piers juga mengatakan, mobil Manor Racing MRT05 sudah berkembang secara signifikan. Hingga sesi latihan kedua di Sirkuit Sakhir, kemarin, Rio belum menemukan kendala yang berarti. "Tidak ada masalah berarti yang ditemui Rio hingga saat ini," ujar Piers.

Pada Sabtu (2/4/2016) malam waktu setempat, Rio akan menjalani sesi latihan bebas ketiga dan babak kualifikasi untuk menentukan posisi balapan besok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.