Sukses

11 Ribu Personel Bakal Amankan Duel Arema Vs Persib

Pengamanan juga akan ditingkatkan di jalur-jalur menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamanan ekstra ketat akan diterapkan selama final Torabika Bhayangkara Cup 2016 yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, besok, Minggu (3/4/2016). Sebanyak 11 ribu personel dari berbagai kesatuan akan diturunkan untuk mengamankan duel ini.

Panita Pelaksana (Organizing Committee) sepertinya enggan kecolongan. Meski finalis tidak melibatkan tim asal Jakarta, Persija Jakarta, pihak penyelenggara tetap berupaya meminimalisir potensi gesekan antarsuporter. Apalagi salah satu finalis adalah Persib Bandung. Klub asal Bandung punya pendukung yang dikenal tidak akur dengan Jakmania, sebutan untuk suporter Persija.

 

Baca Juga

  • Hadapi Arema, Persib Anggap SUGBK Kandang Sendiri
  • Bobotoh Masih Berburu Tiket Final Hingga Malam Hari
  • Bali United Lebih Bugar dari Sriwijaya FC

Ketua panitia pelaksana (Organizing Committee) Irjen Pol Condro Kirono mengatakan rapat pengamanan stadion dipimpin langsung Kapolri Badrodin Haiti, Kamis (31/3). Empat Kapolda yang berasal dari Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan juga diundang dalam rapat itu. Keempatnya wilayah ini merupakan asal dari empat klub yang akan bertarung di GBK, besok.

"Seluruh elemen telah bekerja, terutama pengamanan. 11 ribu personel gabungan TNI dan Polri dilibatkan. Di luar itu, ada anggota-anggota Polri di sepanjang rute perjalanan juga sudah ditempatkan," kata Condro Kirono dalam jumpa pers yang digelar di Hotel Sultan, siang tadi.

Pada perebutan tempat pertama, Arema bakal berstatus sebagai tuan rumah saat bertemu Persib Bandung. Sebelum final, Bali United akan memperebutkan tempat ketiga melawan Sriwijaya FC. 

Direktur Utama PT Gelora Trisula Semesta (PT GTS), Joko Driyono, yang menjadi operator turnamen mengatakan suporter Arema dan Persib akan duduk terpisah di Stadion GBK. Para suporter Singo Edan rencananya akan ditempatkan di sisi selatan, dan Persib di sisi utara.

Tribun selatan yang ditempati suporter Arema mulai dari belakang gawang, bagian selatan tribun timur, dan bagian selatan tribun barat. "Demikian juga yang utara," kata Joko Driyono.

"Sedangkan suporter Sriwijaya akan bergabung dengan zona suporter Arema dan Bali United berada di tribun fans Persib. Mekanisme masuk seluruh suporter diatur langsung oleh Polda Metro Jaya."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini