Sukses

Terungkap, Ronaldo Ungguli Gol Messi di El Clasico

Ronaldo ungguli jumlah gol Messi di El Clasico?

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi memang masih menjadi pencetak gol tersubur di sejarah El Clasico sepanjang masa. Namun usai kemenangan 2-1 Real Madrid atas Barcelona pada laga El Clasico di Camp Nou, Minggu (3/4/2016) dini hari WIB, terungkap jumlah gol Cristiano Ronaldo sudah lewati gol Messi.

Baca Juga

  • Baru Membalap, Rival Rio Haryanto Langsung Petik Poin
  • 5 Fakta Menarik Kekalahan Persib atas Arema: Kutukan Kostum Putih
  • Sentuh Garis Finis, Rio Haryanto Tuntaskan Target

Tapi tunggu dulu. Satu gol Ronaldo bukan berarti membawa CR7 ke daftar pencetak gol terbanyak El Clasico terbanyak sepanjang masa. Namun, Ronaldo sudah lewati jumlah gol Messi sejak baru bermain di Liga Spanyol pada musim 2009/2010.

Seperti dilansir as, sejak musim itu, sudah terjadi sebanyak 25 kali El Clasico. Ronaldo berhasil mencetak 16 gol di 14 laga El Clasico. Sedangkan Messi cetak 15 gol di 10 laga El Clasico sejak keduanya tampil.

Di luar El Clasico, rekor gol keduanya juga sangat ketat. Di La Liga misalnya sejak 2009/10, Ronaldo mencetak 231 gol dari 254 laga (1,10 gol per laga). Sedangkan Messi cetak 232 gol dari 253 laga (1,09 gol per laga).

Cristiano Ronaldo mencetak gol penentu di laga El Clasico (Reuters)

Temukan Ketajaman

Keberhasilan Ronaldo ungguli gol Messi di El Clasico sejak 2009/10 tak terlepas dari polesan Zinedine Zidane. Bersama Zidane, Ronaldo sudah cetak 15 gol dari 12 laga. Rata-rata golnya mencapai 1,25 gol per laga.

Sedangkan di era Rafael Benitez,  rata-rata gol Ronaldo menurun drastis. Dia hanya mencetak 0,7 gol per laga. Ronaldo cetak 14 gol dari 18 laga kala itu.

Semua itu berawal dari kesalahan Benitez yang menempatkan Ronaldo di tengah. Padahal semua orang tahu Ronaldo lebih cocok main melebar atau di sayap.

Aksi bek Real Madrid, Sergio Ramos (kanan) saat menjegal pergerakan striker Barcelona, Lionel Messi, pada lanjutan laga La Liga 2015-2016, di Estadio Camp Nou. Penampilan konsisten lini belakang El Real dianggap menjadi kunci keberhasilan menuai kemenanga

Sejak 2009/10 terungkap pula jika Messi dan Ronaldo sama-sama sudah tiga kali jadi pichichi atau top skorer di La Liga. Nah, Ronaldo bisa pecahkan angka itu jika menjadi pichichi musim ini.

Saat ini, Ronaldo sudah cetak 29 gol atau 7 gol lebih banyak ketimbang Messi. "Usaha keras dari tim. Kami menang, kami rayakan bersama-sama," ujar Ronaldo di kicauannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini