Sukses

Messi Gugat Media yang Menghubungkannya dengan Panama Papers

Messi diduga mengemplang pajak menggunakan sebuah perusahaan di Panama.

Liputan6.com, Barcelona - Bintang Barcelona Lionel Messi kini dalam sorotan. Striker asal Argentina itu harus menghadapi tuduhan penggelapan pajak dan pencucian uang.

Baca Juga

  • Sentuh Garis Finis, Rio Haryanto Tuntaskan Target
  • Finis ke-17 di GP Bahrain, Rio Haryanto Disanjung Manor
  • Marquez Juara GP Argentina, Rossi Beruntung Finis Kedua

Messi diduga mengemplang pajak menggunakan sebuah perusahaan di Panama. Menurut laporan dari Panama, perusahaan itu didirikan Messi bersama ayahnya sehari setelah otoritas pajak Spanyol menyebut La Pulga telah mengemplang pajak senilai 4,1 juta euro.

Dugaan ini mencuat setelah Konsorsium Wartawan Investigasi Internasional melakukan penyelidikan terhadap kekayaan Messi. Seperti dilansir The Sun, pemain 29 tahun itu tak terima namanya masuk ke dalam Panama Papers. Ia akan menggugat balik sejumlah media yang mengaitkannya dengan Panama Papers.

"Menanggapi berita yang dirilis oleh berbagai media di mana Lionel Messi bertanggung jawab atas pembentukan sebuah perusahaan dengan tujuan 'melakukan penipuan pajak', keluarga ingin memperjelas bahwa Messi tidak melakukan tindakan yang dituduhkan. Tuduhan penipuan pajak dan pencucian uang adalah palsu dan fitnah," tulis pernyataan keluarga Messi.
 
"Keluarga Messi telah menginstruksikan pengacara dari firma hukum Cuatrecasas Goncalves Pereira untuk menganalisis kemungkinan pengajuan tindakan hukum terhadap media yang menerbitkan berita ini," ia melanjutkan.

Panama Papers adalah bocoran 11,5 juta dokumen dari pusat data firma hukum Mossack Fonseca yang bermarkas di Panama. Dokumen itu memberi gambaran bagaimana para orang kaya dunia melakukan pencucian uang dan menghindari pajak atau sanksi internasional.

Selain Messi, organisasi ini juga telah lebih dulu menyelidiki sejumlah pesepak bola tenar, eks Presiden UEFA Michel Platini dan mantan pemain Madrid Ivan Zamorano.

Namun bukan tokoh-tokoh dari dunia olahraga saja yang menjadi target penyelidikan organisasi ini. Presiden Rusia, Vladimir Putin dan sutradara asal Spanyol, Pedro Almodovar juga ikut disorot.
Pemain Barcelona, Lionel Messi (Reuters/Thomas PeterLivepic)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini