Sukses

5 Fakta Unik Trofi Liga Champions yang Belum Banyak Diketahui

Sepanjang sejarah baru ada 5 klub Eropa yang berhak menyimpan trofi asli Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang sejarah gelaran Liga Champions, tercatat baru ada 5 klub Eropa yang berhak menyimpan trofi asli Liga Champions selama beberapa bulan. Mereka adalah Real Madrid, Ajax, Bayern Munchen, AC Milan dan Liverpool. 

Hal ini mengacu para peraturan UEFA, dimana sejak musim Liga Champions 1968-1969, klub yang memenangkan kompetisi Liga Champions lima kali atau tiga tahun secara berturut-turut dapat menyimpan trofi asli Liga Champions untuk koleksi galeri klub selama beberapa bulan.

Di bawah peraturan baru, sejak musim 2000/2001 klub-klub yang sukses di LigaChampions mendapatkan Badge ofHonour' (BoH), badge ini diberikan kepada tim-tim yang telah memenangi banyak gelar. Mulai dari Real Madrid, Ajax, Bayern Munchen, AC Milan, Liverpool, dan Barcelona.

Selain catatan diatas, berikut ringkasan 5 fakta unik tentang trofi Liga Champions yang belum banyak diketahui :

1. Real Madrid menjadi klub pertama di Eropa yang menyimpan trofi asli Liga Champions tepatnya tahun 1967.

2. Ajax adalah juara Liga Champions 3 kali berturut-turut di tahun 70-an dan menjadi klub pertama yang menerima prestasi sejak redesign trofi tahun 1967.

3. Liga Champions dibawah UEFA pernah mengalami perubahan besar dari sisi kompetisi. Era baru Liga Champions dimulai tahun 1992-1993 dan Marseille menjadi klub pertama yang memenangkan trofi di era Liga Champions yang baru.

4. Klub terakhir yang mendapat kehormatan menyimpan trofi asli selama beberapa waktu dan mendapat replika permanen adalah The Reds, Liverpool pada tahun 2005.

Trofi Liga Champions.

5. Trofi Liga Champions memiliki tinggi 73,5 cm dan lebar 46,5 cm. “Si Telinga Besar” ini memiliki berat 7,5 kg.  Sebagai sponsor resmi, Heineken membawa trofi Liga Champions untuk tour keliling kota di Asia Tenggara dan Brazil pada tahun ini.

UEFA Champion League Trophy akan kembali hadir di Jakarta tahun ini setelah terakhir dibawa di tahun 2013 oleh Heineken Indonesia. Bagi para pecinta sepakbola, Anda bisa mendapat kesempatan ekslusif untuk menyentuh UEFA Champion League Trophy dengan mengikuti kompetisi foto #CHampionTheTrophy di Instagram @Heinekenid.

Posting foto perayaan kemenangan kamu, dapat menggunakan atribut Heineken, elemen sepak bola, maupun menunjukkan ekspresi gokil apabila tim kesayangannya menjadi juara. Pemenang kontes akan mendapatkan undangan khusus di “PrivateParty” Heineken untuk menghabiskan waktu bersama trofi Liga Champions dan meraih merchandise spesial dari Heineken.

Buruan posting foto kamu dan jadilah bagian sejarah dari Liga Champions. Foto paling lambat diterima pada tanggal 13 April 2016. Syarat dan ketentuan klik di sini, atau langsung kunjungi Instagram @HeinekenID.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini