Sukses

Juara Malaysia Open, Tontowi / Liliyana: Kami Bisa Diandalkan

Malaysia Open Super Series Premier merupakan gelar juara perdana bagi ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di 2016.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses merebut gelar perdananya di 2016. Ganda campuran terbaik Indonesia itu mengalahkan pasangan tuan rumah, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, di final Malaysia Open Super Series Premier 2016. Kemenangan tersebut sekaligus menjadi gelar super series pertama setelah gelar terakhirnya di France Open Super Series 2014 lalu.

Baca Juga

  • Rossi Tak Peduli Masa Depan Lorenzo
  • Eksekusi Tendangan Bebas Bintang Liga Inggris Ini Mirip Beckham
  • Yang Perlu Jakmania Ketahui dari Trofeo Persija 2016

"Saya dan Tontowi pasti senang sekali bisa jadi juara di sini. Setelah beberapa turnamen sebelumnya kami belum bisa membuktikan. Dan hari ini kami bisa membuktikan bahwa Tontowi/Liliyana masih bisa diandalkan," kata Liliyana usai pertandingan di Malawati Stadium, Shah Alam, Malaysia, Minggu (10/4/2016) siang WIB.

"Ini sudah cukup lama dan cukup sulit bagi kami untuk keluar dari tekanan itu. Akhirnya kami bisa juara lagi," ucap Tontowi.

Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengalahkan pasangan tuan rumah, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, di final Malaysia Open Super Series Premier 2016, Minggu (10/4/2016). (Liputan6.com/Humas PP PBSI)

Tontowi/Liliyana menang dari Chan/Goh usai bertanding tiga game dalam waktu satu jam 21 menit dengan skor 23-21, 13-21, dan 21-16. Dalam pertandingan itu, Tontowi/Liliyana sempat dalam tekanan. Tapi, juara All England 2012, 2013, dan 2014 ini mampu bangkit untuk meraih kemenangan.

"Malaysia hari ini bermain bagus. Kalau kami benar-benar nggak siap dan nggak tahan, kami nggak tahu bisa juara atau tidak," ujar Tontowi.

Sebelumnya, kedua pasangan sudah tujuh kali berhadapan. Tontowi/Liliyana unggul jauh di rekor pertemuan mereka dengan skor 6-1. Pertemuan terakhir mereka terjadi BWF World Championships 2015 lalu, Tontowi/Liliyana menang mudah 21-8 dan 21-13. Sementara satu-satunya kekalahan terjadi di China Open 2012. Tontowi/Liliyana kalah dari Chan/Goh 19-21 dan 14-21.

Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih gelar perdana di 2016 usai menjuarai Malaysia Open Super Series Premier 2016. (Liputan6.com/Humas PP PBSI)

"Kami tidak memikirkan head to head yang unggul. Walau kami unggul 6-1, kami anggap ini 0-0 lagi. Kami harus tetap fokus pada pertandingan dan tidak lengah," tutur Liliyana.

"Kami nggak terpengaruh. Benar-benar fokus dan nggak dengan apa-apa. Yang penting saya harus fokus," tambah Tontowi.

Kemenangan Tontowi/Liliyana ini mendapat apresiasi langsung dari Ketua Umum PP PBSI, Gita Wirjawan. "Selamat kepada Owi/Butet (sapaan akrab Tontowi/Liliyana). Kemenangan di turnamen ini diharapkan bisa kembali membangun kepercayaan diri mereka untuk bisa bangkit dan kembali menampilkan permainan terbaik mereka," kata Gita.

Tontowi/Liliyana menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke final. Ini setelah Jonatan Christie dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari tersingkir di semifinal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.