Sukses

Otak-Atik Kans Juara Liga Spanyol: Adu Pacu Tiga Kuda

Siapa yang berpeluang juara La Liga?

Liputan6.com, Barcelona - Perebutan gelar juara La Liga makin ramai. Setelah Barcelona menuai kekalahan kedua beruntun lawan Real Sociedad pekan lalu, jarak Barcelona dengan dua rival terdekat, Atletico Madrid dan Real Madrid terpangkas.

Baca Juga

  • Ronaldo Ungkap 3 Senjata Madrid Redam Wolfsburg di Bernabeu
  • 24 Wasit Terbaik akan Pimpin ISC
  • Robertino Mulai Nyaman di Persib

Pada pekan ke-26, Barcelona masih berjarak 8 poin dengan Atletico Madrid dan 12 poin dengan Real Madrid. Dengan jarak seperti itu, Barcelona seakan-akan seperti bakal mudah melenggang menjadi juara.

Namun saat Barcelona tertahan 2-2 lawan Villarreal, semuanya seakan berubah. Dilanjutkan kekalahan 1-2 dari Real Madrid di El Clasico dan juga kalah 0-1 dari Real Sociedad, skenario seakan berubah total. "Hay Una Liga" (Akhirnya ada Liga lagi), begitu kira-kira ungkapan yang cocok untuk menggambarkan kondisi perebutan juara musim ini.

"Kami sudah membiarkan lawan-lawan untuk mengejar kami dengan lakukan kesalahan. Tapi itu yang terakhir. Ini fase krusial dan semua tim punya kesempatan," kata kapten Barcelona, Andres Iniesta seperti dikutip Marca.

Lionel Messi sambut rekan-rekannya usai Luis Suarez cetak gol (Reuters / Albert Gea)

Liga Spanyol sendiri biasanya hanya diisi persaingan dua klub saja yaitu Barcelona dan Real Madrid. Media di luar Spanyol biasanya menyebut persaingan di La Liga dengan sebutan "Two Horse Race" atau adu pacu dua kuda.

Namun kini ada Atletico Madrid. Bahkan klub besutan Diego Simeone itu lebih dekat jaraknya dengan Barcelona ketimbang Real Madrid. Maka itu, persaingan musim ini boleh disebut adu pacu tiga 'kuda'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Otak atik

Lalu bagaimana kans juara dari ketiga klub? Menyimak jadwal dari pekan ke-33 sampai pekan ke-38, ketiga klub relatif tak mendapati jadwal yang susah.

Barcelona bakal menjamu Valencia akhir pekan ini di Camp Nou. Los Che memang bukan lawan karbitan. Meski babak beluar saat masih ditangani Gary Neville, Los Che justru menunjukkan peningkatan pelatih sementara Pako Ayestaran.

Namun, Barcelona diyakini bisa lewati ujian lawan Valencia. Syaratnya, Barcelona wajib menang ketika menjamu Atletico Madrid besok. Ini untuk mengobati mental Barcelona yang sedang terpuruk.

Selebihnya, Barcelona boleh disebut menghadapi lawan yang relatif bisa mereka atasi yaitu Deportivo La Coruna, Sporting Gijon, Real Betis, Espanyol dan Granada.

Sergio Ramos usai diusir wasit di laga El Clasico / Reuters

Begitu juga dengan Atletico Madrid. Dari enam laga tersisa, hanya Athletic Bilbao dan Celta Vigo yang bisa jadi batu sandungan. Selebihnya yaitu Granada, Malaga, Rayo Vallecano dan Levante diyakini bisa dikalahkan.

Sementara Real Madrid pun menghadapi jadwal yang relatif tidak berat. Batu sandungan mungkin didapatkan dari Villarreal dan Valencia. Tapi kedua laga itu digelar di kandang.

Selebihnya diprediksi bisa diatasi Madrid yaitu Getafe, Rayo Vallecano, Real Sociedad dan Deportivo. Khusus Sociedad, Madrid wajib hati-hati karena main di laga tandang. Namun beda dengan Barcelona, Madrid justru selalu menang di Anoeta.

3 dari 3 halaman

Infografis

Setelah uraian di halaman sebelumnya, bagaimana persentase peluang ketiga klub menjadi juara. Liputan6.com mencoba untuk otak atik peluang ketiga klub dengan prediksi hasil akhir dan poin akhir yang kemungkinan ketiga klub dapatkan.

Dari hasil kalkulasi, Barcelona ternyata masih unggul dari Atletico Madrid dan Real Madrid. Berikut infografis peluang dan prediksi juara ketiga klub:

infografis penghitungan kans juara La Liga tiga klub

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini