Sukses

Profil Arema: Kandidat Utama Juara ISC

Kehadiran Milomir Seslija menjadi titik balik kebangkitan Arema Cronus.

Liputan6.com, Jakarta Kinerja Arema Cronus dalam beberapa bulan terakhir begitu mengesankan, khususnya di 2 turnamen terbaru. Tentu saja, mereka layak dijadikan sebagai kandidat utama juara Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Arema sudah membuktikan diri betapa kualitas mereka layak disegani tim-tim lain di Indonesia. Mereka unjuk gigi dengan menguasai dua turnamen terkini. Setelah Bali IslandCup 2016, Arema juga sukses menguasai Torabika Bhayangkara Cup 2016.

Baca Juga

  • Didekati Ronaldo, Model Turki Ini Ketiban Durian Runtuh
  • Real Madrid Vs Wolfsburg: Malam Terindah Zidane Jadi Pelatih
  • Tunggu Zulham Zamrun, Persib Stop Beli Pemain

Sebelumnya, terhentinya segala kegiatan sepakbola Indonesia akibat sanksi FIFA sempat membuat Arema dinilai mengalami penurunan kualitas. Pasalnya, Arema gagal menampilkan kinerja terbaik di beberapa turnamen.

Kala mereka turun di Piala Presiden 2015, Arema hanya mampu merebut posisi ketiga. Setelah menjadi runner up Grup B yang dihuni Sriwijaya FC, PSGC Ciamis, dan Persela Lamongan, mereka memang sukses melewati hadangan Bali United di 8 besar.

Sayang, mereka kalah dari Sriwijaya pada laga semifinal. Untung, tim Singo Edan mampu menaklukkan Mitra Kukar dalam laga perebutan posisi ketiga. Sialnya, nasib buruk itu juga berlanjut saat Arema turun di Piala Jenderal Sudirman (PJS) 2015.

Di Grup A, Arema tampil begitu sempurna dengan menyapu bersih 4 laga dengan kemenangan. Mereka bungkam Gresik United 4-1, Persipasi Bandung Raya 4-2, Sriwijaya 2-0, dan Persija Jakarta 1-0. Kinerja sempurna juga diperlihatkan Arema pada laga Grup E 8 besar.

Kala itu, Arema sukses mempecundangi Persipura Jayapura 1-0, Surabaya United 3-1, dan Pusamania Borneo FC lewat adu penalti. Sialnya, kesempurnaan Arema harus berakhir di tangan Mitra Kukar saat bentrok pada laga semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kedatangan Seslija

Untungnya, kegagalan di 2 kompetisi itu membuat manajemen Arema melakukan evaluasi. Mereka pun mengambil keputusan tepat dengan merekrut Milomir Seslija. Ia adalah pria kelahiran 21 Juli 1964 yang sudah malang melintang dalam jagat sepakbola Eropa Timur.

Sebelum bergabung resmi dengan Arema di awal 2016, Seslija sempat menjadi pelatih kepala di beberapa negara, seperti F.C Rudar, Bosnia and Herzegovina (2009-2010), F.C Seeb, Oman (2009-2010), F.C. Dhofar, Oman (2007-2008).

Selain itu, F.C. Velez, Bosnia and Herzegovina (2005-2007), F.C. SASK Naapredak, Bosnia and Herzegovina (2004-2005). F.C. Slavija, Bosnia and Herzegovina (2002-2003), F.C. Solunac, dan Serbia (2001-2002) juga sempat ditanganinya.

Meski begitu, Arema bukan tempat yang asing bagi Seslija. Ia sempat menjalin kerja sama dengan Arema pada 2011. Sayang, dualisme yang melanda internal Arema membuat Seslija hanya sempat melatih selama 3 bulan. Pada akhirnya, ia digantikan Dejan Antonic.

3 dari 3 halaman

Titik Balik

Kedatangan Seslija pun bisa disebut sebagai titik balik kebangkitan Arema. Sejak itu, Arema kembali menjadi tim yang ditakuti. Aksi perdana Seslija bersama Arema terlihat saat mereka tampil di Bali Island Cup 2016.

Tiga lawan menjadi korban keganasan Arema. Mereka adalah PSS Sleman, tuan rumah Bali United, dan Persib Bandung. Pada laga pamungkas, mereka menaklukkan Persib 1-0. Gol tunggal Srdan Lopicic membawa Arema ke tangga juara.

Setelah Bali Island Cup 2016, giliran Torabika Bhayangkara Cup 2016 yang menjadi ajang kesuksesan Arema bersama Seslija. Di awal, mereka lebih dulu merajai Grup B setelah menang 2-1 atas Bali United, 0-0 kontra PS Polri, 1-0 atas Persija, dan 0-0 kontra Persipura.

Di semifinal, Sriwijaya kembali menjadi korban kehebatan Arema. Gol tunggal Johan Alfarizie membawa Singo Edan ke final. Di laga puncak, tim sekaliber Persib yang notabene juara Indonesia Super League (ISL) 2014 dan Piala Presiden 2015 dibuat bertekuk lutut.

Bentrok di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Arema mempecundangi Persib 3-1 lewat gol Raphel Maitimo dan Sunarto. Gelar juara Torabika Bhayangkara Cup 2016 pun resmi menjadi milik mereka.

Dengan kesuksesan di 2 kompetisi terakhir, Cristian Gonzales dkk pun layak masuk dalam bursa juara ISC A 2016. Komposisi skuad mumpuni plus kehadiran pelatih cerdas akan membuat Arema memiliki senjata untuk bertarung dengan tim-tim besar lain di ISC A 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.