Sukses

Fakta F1 GP China: Rio Haryanto Pernah Finis di Shanghai

Sirkuit Internasional Shanghai sudah tidak asing bagi Rio Haryanto.

Liputan6.com, Shanghai - Akhir pekan ini, Rio Haryanto kembali memacu kecepatannya di ajang balap Formula 1. Pembalap Manor Racing itu bakal balapan di Sirkuit Internasional Shanghai, Tiongkok.

Sebelum balapan, semua pembalap F1, termasuk Rio harus menjalani sesi latihan bebas pertama hingga babak kualifikasi yang berlangsung pada Jumat dan Sabtu (15-16/4/2016). Balapan GP China ini akan dilangsungkan pada Minggu (17/4/2016).

Baca Juga

  • Trek GP China Seharusnya Cocok dengan Mobil Rio Haryanto
  • Air Mata Haru Iringi Kepergian Kobe Bryant
  • Jadwal Balapan Rio Haryanto di GP China

Sirkuit Internasional Shanghai sudah tidak asing bagi Rio. Pembalap kelahiran Solo itu pernah balapan di lintasan tersebut saat masih tampil di Asian Formula Renault Challenge dan Formula BMW Pacific.

Balapan di GP China akan dimainkan selama 56 lap. Sirkuit yang pertama kali digunakan pada 2004 itu memiliki panjang 5,451 kilometer.

Sebelum menyaksikkan serunya balapan di GP China, simak lima fakta menariknya di halaman berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta menarik Formula 1 GP China

Fakta menarik Formula 1 GP China

1. Dari dua balapan yang sudah dilewati, Rio Haryanto belum meraih poin. Namun, dia sudah berhasil finis saat balapan di Sirkuit Sakhir, Bahrain, dua pekan lalu.

Pembalap F1 Indonesia, Rio Haryanto berpose di depan ratusan penggemarnya saat Meet and Great di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (7/4/2016). Rio, pembalap Indonesia pertama yang turun di ajang balap Formula 1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

2. Saat balapan di Sirkuit Internasional Shanghai pada ajang Asian Formula Renault Challenge, Rio Haryanto finis di posisi kesembilan. Dia kalah dari kakaknya, Ryan Haryanto yang finis di posisi kelima.

3. Rekor lap tercepat di Shanghai masih dipegang Michael Schumacher. Mantan pembalap Ferrari itu mampu melahap satu lap di Shanghai dengan catatat waktu 1 menit 32,238 detik. Rekor lap tercepat tersebut belum mampu dipecahkan selama 12 tahun terakhir.

Michael Schumacher (AFP)

4. Shanghai merupakan sirkuit yang mempunyai trek lurus terpanjang dalam kalender F1 musim ini. Trek lurus di sirkuit ini sepanjang 1,1 kilometer.

5. Lewis Hamilton adalah pembalap yang paling banyak memenangkan GP China. Pembalap Mercedes itu sudah meraih empat kemenangan, yakni pada 2008, 2011, 2014, dan 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini