Sukses

Gara-gara Ban, Gaya Balap Agresif Marc Marquez Berubah

MotoGP gunakan ban Michelin, gaya balap Marc Marquez jadi lebih halus.

Liputan6.com, Austin - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku mengubah gaya balapnya setelah MotoGP memakai ban Michelin sebagai ban resmi yang dipakai. Menurut Marquez, dengan ban Michelin, membuat dia mencoba mengadopsi gaya membalap yang lebih halus saat sejak tes pramusim.  
Marquez memiliki gaya balap yang agresif ketika MotoGP masih menggunakan ban Bridgestone sebagai ban resmi. Terbukti, dengan gaya membalapnya itu, dua gelar juara dunia MotoGP berhasil dia rengkuh pada tiga musim pertamanya di ajang balap motor paling bergengsi itu.

Baca Juga

  • Presiden Jokowi Ingin Sepak Bola Indonesia Disegani di Asia
  • Rio Haryanto Berharap Hujan Warnai GP China
  • Jadwal Lengkap Semifinal Liga Champions 2016

Dengan kembalinya Michelin ke MotoGP setelah absen tujuh tahun diharapkan mendukung perubahan gaya membalap yang diinginkan Marquez. Kini, pembalap asal Spanyol itu sudah menyesuaikan gaya membalapnya dengan ban Michelin dan itu terbukti dengan posisi dia yang memuncaki klasemen sementara MotoGP 2016.  

"Selama pra-musim saya berpikir banyak tentang gaya membalap, berusaha mencari cara lain untuk menunggangi motor dengan ban Michelin. Juga keseimbangan motor yang tidak terasa lebih besar, jadi saya mencoba mengubah banyak hal," kata Marquez, seperti dilansir Autosport.

"Tapi pada akhirnya, ketika saya merasa baik dengan motor di hari terakhir tes pramusim. Saya mencoba menggunakan lagi gaya membalap saya biasanya," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Marquez Bicara Ban Baru

Marquez menjelaskan, para pembalap harus memahami ban yang dipakai bekerja dengan cara yang berbeda. Dia berpendapat, ban Michelin memiliki beberapa poin lebih buruk tapi juga beberapa poin yang jauh lebih baik.

Menurut pembalap berusia 23 tahun ini, ketika pembalap merasa nyaman dengan motornya, maka semua akan bekerja dengan baik. Secara alami, para rider akan dapat tampil maksimal di atas lintasan balap.

"Gaya membalap Anda adalah salah satu yang tidak dapat Anda mengubahnya. Saya selalu memiliki gaya agresif, tetapi pada akhirnya, Anda dapat menyesuaikannya dalam hal kondisi trek, itu datang secara alami," ujar Marquez.

"Kita harus memahami bahwa tahun ini memakai ban yang berbeda dan gaya membalap yang juga berbeda," ungkap pembalap berjuluk The Baby Alien ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.