Sukses

GP China: Jejak Rekam Rio Haryanto hingga Kualifikasi

Seperti apa catatan waktu Rio Haryanto hingga kualifikasi GP China?

Liputan6.com, Jakarta - Rio Haryanto merampungkan sesi kualifikasi Formula 1 GP China dengan menempati posisi start ke-20. Pembalap Manor Racing asal Indonesia itu bakal start di depan Lewis Hamilton dan rekannya di Manor Racing, Pascal Wehrlein, yang mengalami masalah dengan mesin.

Baca Juga

  • Sauber Anggap Tim Rio Haryanto sebagai Rival Utama
  • Real Madrid ke Semifinal, Model Montok Ini Pamer Payudara
  • 6 Fakta MU Vs Aston Villa: Lumbung Gol Rooney

Seperti diketahui, Wehrlein bermasalah saat mobilnya melintir dan keluar lintasan gara-gara lintasan bergelombang di sirkuit Shanghai. Akibatnya, Wehrlein tak bisa meneruskan sesi kualifikasi.

Di lain pihak, Hamilton tak bisa teruskan kualifikasi setelah bermasalah dengan sistem mekanik di mobil MRT05 yang dikendarainya pada sesi latihan bebas.

Rio Haryanto mencatatkan waktu lap 1 menit 40,264 detik di kualifikasi. Waktu ini sebenarnya sama persis dengan torehannya di latihan bebas ketiga (FP3) sebelum kualifikasi digelar.

Manor F1 Team's Indonesian driver Rio Haryanto takes a corner during the second practice session at the Formula One Chinese Grand Prix in Shanghai on April 15, 2016. JOHANNES EISELE / AFP

Jika dilihat dari catatan waktu Rio Haryanto dari latihan bebas hari Jumat (16/4/2016) hingga kualifikasi, ini memang catatan waktu terbaik yang berhasil ditorehkan Rio Haryanto.

Rio Haryanto melalui peningkatan yang cukup signifikan dari 1 menit 41,614 detik di sesi latihan bebas pertama hingga kualifikasi. Jika dibandingkan dengan GP Bahrain tentu berbeda karena di seri 2 tersebut, Rio Haryanto berhasil catatkan waktu yang lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catatan Waktu

Sebenarnya sirkuit di GP Bahrain dan GP China relatif tak jauh berbeda. Sirkuit Shanghai sedikit lebih panjang dari Sirkuit Sakhir di Bahrain. Jumlah lap yang dilombakan besok juga berbeda sedikit dari GP Bahrain (57 lap), yaitu 56 lap.

Rio Haryanto menyalahkan ban super lunak yang dipakainya untuk kualifikasi. "Sangat sulit untuk membuat ban cepat panas," kata Rio Haryanto usai balapan.

Berikut jejak rekam Rio Haryanto di GP China :

Latihan bebas 1: 1 menit 41,614 detik

Latihan bebas 2: 1 menit 40,550 detik

Latihan bebas 3: 1 menit 40,264 detik

Kualifikasi: 1 menit 40,264 detik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini