Sukses

Madrid Pesta Gol, Duel Barcelona Vs Valencia Dinanti

Barcelona sangat butuh kemenangan setelah rentetan hasil mengecewakan di La Liga dan Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid terus menunjukkan keganasan mereka belakangan ini. Gol demi gol seakan sulit dibendung dari tim besutan Zinedine Zidane ini. Teranyar, Los Blancos gasak Getafe 5-1 di Stadion Alfonso Coliseum pada Sabtu (16/4/2016) malam WIB.

Baca Juga

  • GP China: Ekspresi Geram Rekan Rio Haryanto Start di Posisi 21
  • Menebak Posisi Finis Rio Haryanto di GP China
  • Hamilton Kecewa Start di Belakang Rio Haryanto

Trio BBC masing-masing mencetak satu gol, sedangkan dua gol lainnya disumbangkan James Rodriguez dan Jese. Kemenangan Real Madrid ini membuat mereka makin dekat dengan Barcelona di puncak klasemen.

Saat ini, Madrid hanya terpaut satu poin saja dari Barcelona. Kepercayaan diri Cristiano Ronaldo cs kembali membuncah. Gelar juara La Liga bukan lagi sebuah hal mustahil, tapi sudah dalam jangkauan mereka.

Getafe vs Real Madrid (AFP/Gerard Julien)

Suasana seperti ini boleh jadi tak dirasakan pada pekan ke-26 lalu. Saat itu, Madrid terpaut 12 poin dari Barcelona yang sedang tuai rentetan hasil bagus di semua kompetisi. Sebelum rekor tak terkalahkan Barcelona terhenti di El Clasico pada angka 39, kepercayaan diri pemain Madrid untuk kejar gelar juara La Liga boleh jadi sangat tipis.

Kini, mereka bahkan optimistis bisa kudeta Barcelona di puncak klasemen."Saya tidak tahu apakah Barcelona atau Atletico mungkin tergelincir. Kami akan menonton pertandingan mereka, tapi yang paling penting adalah apa yang kita lakukan sendiri," kata pelatih Madrid, Zinedine Zidane.

Sejak kalah di derby Madrid pada 27 Februari lalu, Madrid tak terkalahkan lagi di 10 laga terakhir. Ini membuat mereka menyodok terus dekati poin yang didapatkan Barcelona. Berbeda dengan Azulgrana, Lionel Messi cs justru tersendat setelah ditahan Villarreal 2-2 di pekan ke-30 La Liga.

"Semuanya mungkin di sepak bola. Kami membuktikannya dengan terus memangkas jarak dengan Barcelona," ucap Zidane.

Getafe Vs Real Madrid (Reuters)

Barcelona Vs Valencia Dinanti

Setelah pesta gol Madrid, mata kini tertuju kepada laga Barcelona vs Valencia di Camp Nou dini hari nanti. Laga nanti tak hanya sekadar bernilai tiga poin, tapi juga bisa menjadi penentu arah Barcelona di sisa musim.

Setelah terpuruk usai gagal ke semifinal Liga Champions karena kalah agregat 2-3 dari Atletico Madrid, Barcelona diyakini bakal habis-habisan untuk memenangkan laga ini. Apalagi duel bakal dilangsungkan di Camp Nou, sebuah tempat yang sakral bagi Barcelona.

Valencia sendiri tidak segarang musim sebelumnya. Setelah ditangani Gary Nevilla yang kini diganti  pelatih sementara Pako Ayestaran, El Che jeblok di klasemen.

Striker Barcelona Luis Suarez merayakan golnya ke gawang Valencia bersama Lionel Messi dan Neymar pada leg pertama semifinal Copa del Rey 2015-16 di Camp Nou, Kamis (4/2/2016). (Liputan6.com/REUTERS/Albert Gea)

Valencia bahkan terancam tak ikut kompetisi Eropa musim depan. Meski begitu, jangan diremehkan spirit Valencia. Mereka bakal berusaha sekuat tenaga untuk menjegal Barcelona.

"Saya tak pernah rasakan takut sebelum pertandingan. Anda akan merasakan takut saat tim Anda kurang siap dan saat ini tim saya siap," kata Pako Ayestaran, pelatih asal Basque terkait pertandingan melawan Barcelona.

Musim ini, Ayestaran menjadi pelatih keempat di Valencia. Sebelumnya, ada Nuno Espirito Santo, Salvador Gonzalez dan Gary Neville yang mencoba angkat performa Valencia. Berstatus pelatih sementara, bukan tak mungkin bakal tanpa beban di laga nanti.


Memori Musim 2013/14

Ada hal yang bikin khawatir bagi fans Barcelona jelang laga nanti. Meski Barcelona pernah menghajar Valencia 7-0 di Piala Raja lalu, tapi laga melawan Valencia selalu alot.

Fans Barcelona boleh jadi masih teringat dengan keberhasilan El Che mengalahkan Barcelona di Camp Nou pada 1 Februari 2014. Duel kala itu sangat ketat. Barcelona dan Valencia saling kejar gol hingga akhirnya El Che menang dengan skor 3-2.

Gol Paco Alcacer membungkam Barcelona di kandang sendiri. Ayestaran tak mau menganggap laga nanti bakal menguntungkan bagi Valencia.

Kiper Valencia Matthew Ryan tertunduk lesu setelah striker Barcelona Luis Suarez menjebol gawangnya pada leg pertama semifinal Copa del Rey di Camp Nou, Kamis (4/2/2016). (Liputan6.com/REUTERS/Albert Gea)

Pelatih Valencia itu justru khawatir timnya jadi bulan-bulanan Barcelona yang sedang dalam amarah tinggi.

"Saat Anda melawan tim besar seperti Barcelona yang sedang tampil buruk, itu artinya mereka ingin segera dapatkan hasil bagus. Saya lebih suka hadapi Barcelona yang sedang dalam rentetan hasil bagus," ujar pelatih berusia 53 tahun itu seperti dikutip situs resmi Barcelona.

Musim ini, Barcelona sudah tiga kali jumpa Valencia. Hasilnya yaitu dua kali imbang dan satu kali menang. Jadi bagaimana laga nanti?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini