Sukses

Pacu Kuda Juara La Liga: Barcelona, Atletico, atau Real Madrid?

Lima pertandingan terakhir akan sangat krusial bagi Barcelona, Atletico, dan Real Madrid.

Liputan6.com, Madrid - Persaingan di pucuk klasemen La Liga Spanyol kembali ketat. Tiga tim:  Barcelona, Atletico Madrid, dan Real Madrid  kini berpeluang menjadi yang terbaik di akhir musim.

Selisih poin di antara mereka juga sangat tipis. Barcelona yang berada  di puncak klasemen, memiliki nilai sama dengan Atletico, 76. Sementara  Real Madrid membuntuti di posisi ketiga dengan 75 poin.

Baca Juga

  • Dipermalukan Valencia, Eks Bintang Madrid Ejek Barcelona
  • Barcelona Pantang Bikin Kesalahan Lagi
  • 6 Fakta Menarik Kekalahan Barcelona dari Valencia

Kondisi ini tak terlepas dari kekalahan 1-2 yang dialami Lionel Messi  dan kawan-kawan dari Valencia, Minggu (17/4/2016). Sementara Atletico dan  Madrid meraih kemenangan 3-0 dan 5-1 atas Granada dan Getafe.

Kini, lima laga terakhir dipastikan akan sangat krusial bagi ketiganya,  dalam mewujudkan ambisi jadi juara. "Sekarang kami tak punya pilihan.  Kami harus memenangkan lima laga terakhir," ujar pelatih Barcelona,  Luis Enrique.


Enrique benar. Agar aman, Barcelona memang harus bisa memenangkan lima  laga terakhir mereka. Sebab, dengan tambahan 15 poin, Barcelona akan  tampil jadi juara, meski dua rival mereka juga membukukan hal serupa.

Barcelona Unggul Head to Head
Pasalnya, seusai aturan La Liga. Jika dua atau lebih tim memiliki nilai  sama saat kompetisi berakhir, penentuan juara akan dilakukan  berdasarkan head to head tim-tim bersangkutan.

Dalam hal ini, Barcelona memiliki head to head lebih bagus ketimbang  dua rival mereka itu.  Lawan Atletico, dua kali Barcelona menang 2-1. Sementara menghadapi Madrid, Barcelona menang 4-0 di Camp Nou dan hanya kalah 1-2 saat duel di kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu.

Bomber Barcelona, Luis Suarez, tampak frustrasi gagal membobol gawang Valencia di laga La Liga Spanyol, Minggu (17/4/2016). Kini, posisi Barcelona diancam Atletico dan Real Madrid. (AFP/Josep Lago)
Selain itu, ada hal lain, yang mungkin akan memudahkan Barcelona menuju  tangga juara. Lawan-lawan mereka di lima laga terakhir, bisa dibilang  lebih enteng dibanding Atletico dan Madrid.

Deportivo La Coruna, Sporting Gijon, Real Betis, Espanyol, dan Granada  adalah tim-tim berperingkat di posisi ke-13 ke bawah. Bandingkan dengan  Atletico, yang masih harus menghadapi tim-tim dari 10 besar.

Simeone Tetap Yakin
Akhir pekan ini, Antoine Griezmann dan kawan-kawan harus bertandang ke  markas Athletic Bilbao yang berada di posisi kelima. Setelah itu,  mereka harus menjamu Malaga, peringkat kedelapan. Atletico juga harus  meladeni "kuda hitam" Celta Vigo yang sekarang berada di posisi keenam.
Atletico Madrid kini memiliki nilai sama dengan Barcelona di puncak klasemen, 76 poin. (AFP/Gerard Julien)
Namun, pelatih Atletico, Diego Simeone, mengaku tetap yakin,  timnya bakal mampu menyapu bersih lima laga tersebut. Dia juga meminta  pasukannya tetap fokus, tanpa harus memikirkan Barcelona.

"Bilbao memang lawan berat. Begitu juga empat tim lainnya. Tapi, kami  tetap harus menjalani laga-laga itu dengan target: menang, menang, dan  menang," Simeone menegaskan, seperti dikutip MARCA.

Laga tak kalah berat juga harus dijalaniMadrid. Akhir pekan ini,  Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan harus menjamu tim yang sedang naik  daun, Villarreal. Tim asuhan Marcelino ini tengah berambisi  mempermanenkan posisi mereka di peringkat keempat demi tiket ke Liga  Champions.

Setelah itu, Madrid harus meladeni tantangan dua tim papan tengah: Real  Sociedad dan Valencia. Sebelum di laga terakhir tandang ke markas  Deportivo La Coruna di Stadion Riazor.

Zidane Tak Terganggu
Namun begitu, seperti Simeone, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane,  mengaku tak terlalu terganggu dengan lima laga terakhir pasukannya.  Yang ada di benak pelatih asal Prancis ini hanyalah kemenangan.

"Kami tak akan pernah kehilangan harapan," ujar bintang Prancis di  Piala Dunia 1998 itu. "Yang harus kami lakukan adalah terus tampil  bagus dan mencetak kemenangan hingga akhir musim. Kita tidak akan  pernah tau apa yang akan terjadi dengan Barcelona atau Atletico."
Pemain Real Madrid saat merayakan kemenangan atas Getafe 5-1, Sabtu (16/4/2016). Mereka kembali berpeluang jadi juara La Liga. (AFP/Gerard Julien)
Selintas, Barcelona memang sedikit lebih diunggulkan dengan lawan-lawan  yang ringan. Namun, tetap saja, upaya di lapangan yang akan menentukan.

Artinya, Enrique harus mampu terus membakar semangat pasukannya untuk  kembali bangkit, usai ditekuk Valencia. Sebab, disebut Enrique,  Barcelona memang tak punya pilihan selain memenangkan seluruh laga  terakhir.

Gagal menang, apalagi kalah di salah satu lima laga tersisa itu, sama  saja dengan memberi kesempatan kepada dua rivalnya. Dan, yakinlah  Barcelona akan menyesal, jika sampai memberikan ruang kepada Atletico  dan Madrid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini