Sukses

Peran Baru Rooney Bawa MU Melaju ke Final Piala FA

Wayne Rooney bukan seorang penyerang lagi. Manajer Manchester United, Louis van Gaal sudah punya posisi baru untuknya.

Liputan6.com, London - Wayne Rooney memainkan peran baru bersama Manchester United. Dia kini bukan lagi seorang striker, melainkan gelandang serang.

Pemain berusia 30 tahun tersebut harus membiasakan diri bermain sebagai gelandang serang setelah manajer MU, Louis van Gaal lebih senang memberikan kesempatan kepada Marcus Rashford main sebagai striker.

Baca Juga

  • Lorenzo Pergi, Yamaha Siap Bajak Bintang Suzuki
  • 6 Pemain Bola Ini Pernah Jadi Model Video Klip
  • Pilot Cantik Gebetan Ronaldo Ternyata Fans Barcelona

Rooney sebenarnya sudah memainkan peran barunya itu saat MU menang 2-0 atas Crystal Palace di Old Trafford Stadium. Dia kembali dimainkan sebagai gelandang serang saat menyingkirkan Everton dengan skor 2-1 di Wembley Stadium, London, Sabtu (23/4/2016) pada babak semifinal Piala FA.

Meski tidak mencetak gol saat melawan Everton, pergerakan Rooney di Wembley cukup menarik perhatian. Dia menjadi kreator serangan klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Selama pertandingan, suami dari Coleen itu melepaskan 108 umpan dengan tingkat keberhasilan 93 persen. Rooney juga menciptakan dua peluang berbahaya di kotak penalti Everton.

Pemain Manchester United Wayne Rooney dalam laga kontra Everton (Reuters)

Dia juga tercatat sebagai pemain yang paling banyak bersentuhan dengan bola di laga tersebut. Rooney bersentuhan dengan bola sebanyak 68 kali.

Kapten Setan Merah itu juga sangat tenang dalam membuat serangan atau melepas umpan. Ketenangan tersebut membuat Rooney sering memenangkan duel perebutan bola dengan Ross Barkley dan kawan-kawan.

Tidak hanya menjadi kreator serangan, Rooney juga mencari peluang untuk mencetak gol. Tercatat, Rooney melepaskan empat sepakan, satu di antaranya mengancam gawang The Toffees --julukan Everton-- yang dikawal Joel Robles.

Wayne Rooney sudah membela MU sejak tahun 2004 lalu setelah diboyong dari Everton. (Reuters/Oli Scarff)

Selain pengatur serangan, Rooney cukup membantu di lini pertahanan Setan Merah. Dia mengagalkan peluang emas Romelu Lukaku untuk mencetak gol pada menit kelima. Rooney juga sukses melakukan dua tekel dan sebuah intersep untuk membantu pertahanan Setan Merah.

Melihat statistik ciamik tersebut, Van Gaal mengaku senang eksperimennya terhadap Rooney berjalan mulus. "Tahun lalu dia pernah bermain sebagai gelandang. Sudah jelas kalau ini bukanlah hal baru baginya. Namun saya senang dengan caranya bermain di posisi itu," ujar Van Gaal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini