Sukses

4 Kebijakan Kontroversial yang Diambil Mourinho Jika Latih MU

Mourinho santer dikabarkan bakal menggantikan Louis van Gaal sebagai manajer MU.

Liputan6.com, Manchester - Liga Inggris musim 2015/16 tinggal menyisakan tiga partai lagi. Jelang akhir musim, pemberitaan soal pergantian pemain dan manajer mulai marak. Salah satu yang paling sering muncul di pemberitaan adalah Manchester United dan Jose Mourinho.

Setan Merah -julukan MU- kabarnya akan memecat Louis van Gaal dan menggantinya dengan Jose Mourinho.

Baca Juga

  • Cerita 'Si Bola Karet', Legenda Bulu Tangkis Indonesia
  • Toni Kroos: Madrid Tumpul Tanpa Ronaldo
  • Kesan Pertama Vinales Tunggangi Motor Bersayap

Saking seringnya muncul, kabar ini pun sempat mengganggu pikiran Van Gaal. Manajer asal Belanda ini bahkan tak ragu menyebut rumor Mourinho sebagai omong kosong.

"Saya tahu banyak omong kosong dibuat di sekitar saya. Saya tidak percaya kalau telah ada pembicaraan antara Jose Mourinho dengan Manchester United," ujar Van Gaal seperti dilansir Daily Express, Minggu (7/2/2016).

Terlepas dari respons Van Gaal, bola panas rumor Mourinho ke MU terus bergulir. Beberapa pihak pun mulai memprediksi perubahan apa yang akan dibuat Mou begitu mendarat di Old Trafford.

Melansir Footy Jokes, berikut lima perubahan yang mungkin dibuat eks manajer Chelsea tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1

1. Menjual Memphis Depay

Jose Mourinho dikenal sebagai sosok yang tak segan melego pemain bintang. Apalagi, jika pemain itu bermain kurang maksimal di era kepelatihan sebelumnya.

Bisa jadi, begitu Mourinho datang ke MU, Memphis Depay menjadi korban pertama Mourinho. Pasalnya, penampilan gelandang asal Belanda itu di atas lapangan hijau kurang maksimal.

Alih-alih brilian, Depay justru lebih akrab dengan bangku cadangan. Padahal, di klub sebelumnya, PSV Eindhoven, Depay termasuk yang memiliki kontribusi besar.

Dia tampil sebagai top scorer dan mengantarkan PSV menjuarai Liga Eredivisie Belanda musim lalu. Namun penampilan Depay malah angin-anginan bersama MU.

 

3 dari 5 halaman

2

2. Membeli Bek Baru

Pertahanan Manchester United sebetulnya sudah cukup baik. Terbukti, mereka hanya kebobolan 30 kali hingga pekan ke 35 Liga Inggris musim ini.

Namun demikian, hal itu tampaknya belum cukup meyakinkan buat Jose Mourinho. Manajer asal Portugal itu pun kabarnya menargetkan untuk mendatangkan bek di bursa transfer musim panas ini.

Rumor yang beredar, Mourinho berminat mendatangkan bek Borussia Dortmund, Neven Subotic, atau mantan anak asuhnya di Real Madrid, Pepe. Hal itu demi mendatangkan tandem mumpuni bagi Chris Smalling.

4 dari 5 halaman

3

3. Obral Pemain Tak Berguna

'Bersih-bersih' adalah hal lazim yang dilakukan manajer baru. Dan hal itulah yang tampaknya akan dilakukan Mourinho.

Kebetulan, di Manchester United ada beberapa pemain yang jarang dipakai. Mereka adalah Antonio Valencia, Phil Jones, dan Ashley Young. Mourinho tampaknya tak bakal ragu untuk menjual ketiganya ke klub lain.

Antonio Valencia di musim ini tampil kurang maksimal karena cedera. Di bawah Louis van Gaal, posisi Valencia kerap berubah-ubah sampai akhrinya dia tersingkir dari tempat utama.

Hal serupa juga terjadi pada Phil Jones. Sempat menjadi andalan di era David Moyes, performa Jones turun drastis karena cedera. Akibatnya, posisi Jones pun digeser oleh Chris Smalling dan Daley Blind.

Sementara itu, untuk Ashley Young, dia sebetulnya sempat diberi beberapa kesempatan. Sayang, Young gagal memanfaatkan kesempatan tersebut.

5 dari 5 halaman

4

4. Membangkucadangkan Juan Mata

Nama Juan Mata adalah nama yang langsung mendapat sorotan begitu Jose Mourinho digosipkan bakal melatih MU. Maklum, keduanya pernah terlibat cerita yang tak enak saat masih sama-sama di Chelsea.

Mourinho mencadangkan Juan Mata saat manajer asal Portugal itu menukangi Chelsea untuk kedua kalinya pada 2013/14 lalu. Mourinho menilai, Mata tak cocok dalam skema permainan yang telah dirancangnya.

Hal itu jugalah yang akhirnya membuat Mata pindah ke Manchester United. Bersama Setan Merah, Mata kembali menjadi pilihan utama.

Kini, dengan rumor Mourinho akan ke MU, Mata sepertinya was-was, posisinya dari tim utama bakal tergusur lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

Video Terkini