Sukses

Marquez Tak Nyaman Gunakan Motor Bersayap

Marc Marquez mendapat kesan buruk saat mencoba enam sayap pada sesi tes di Sirkuit Jerez, Spanyol, awal pekan ini.

Liputan6.com, Jerez - Pada tes tengah musim di Sirkuit Jerez, Spanyol, awal pekan ini, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menguji enam sayap yang menempel di motornya. Dia mendapat kesan buruk dengan sayap tersebut.

Marquez mengatakan bahwa penggunaan sayap bisa berdampak buruk di motornya. Kecepatan RC213V bisa menurun drastis saat sedang menikung.

Baca Juga

  • Jadwal Balapan Rio Haryanto di Formula 1 GP Rusia
  • Model Seksi Italia Ungkap Perselingkuhan dengan Balotelli
  • Gelandang MU Pertimbangkan Hijrah ke AS Roma

"Beberapa pembalap ada yang nyaman, ada pula yang tidak. Kalau saya pribadi lebih baik tidak menggunakan sayap. Kalau menggunakannya bisa membuat kami sulit saat menyalip," kata Marquez, seperti dikutip dari Fox Sport.

"Saat tes di Jerez, saya mencoba enam sayap. Tapi, saya juga mencoba motor yang tidak menggunakannya. Jujur, jauh lebih baik bila tidak memakai sayap," ujar juara dunia MotoGP sebanyak dua kali itu.

Foto: Crash

Tidak hanya itu saja, Marquez menilai, penggunaan sayap ini bisa berbahaya bagi para pembalap. Dia mencontohkan kecelakaan yang melibatkan rekan setimnya Dani Pedrosa dengan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso di MotoGP Austin, 10 April lalu.

"Dalam hal ini, Anda kehilangan aerodinamis. Saya sudah melihatnya ketika Pedrosa yang tidak menggunakan sayap menabrak Dovizioso (menggunakan sayap) di Austin," ujarnya.

Namun, bukan berarti Marquez bakal mengesampingkan sayap buatan Repsol Honda. "Secara pribadi, saya tidak suka. Tapi kami bisa menggunakannya untuk melakukan percobaan dan memperbaiki kekurangan," ujar pria berkebangsaan Spanyol tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini