Sukses

5 Fakta GP Rusia: Rio Haryanto Pernah Podium 2 di Sochi

Seri keempat Formula 1 bakal berlangsung di Sochi Autodrom Circuit, Sochi, Rusia, Minggu (1/5/2016).

Liputan6.com, Sochi - Seri keempat Formula 1 bakal berlangsung di Sochi Autodrom Circuit, Sochi, Rusia, Minggu (1/5/2016). Sirkuit ini mempunyai panjang 5,848 kilo meter.

Sochi Autodrom Circuit memiliki 19 tikungan. Lintasan yang juga dikenal sebagai Sirkuit Internasional Jalan Raya Sochi baru menggelar F1 pada 2014. Otoritas F1 (FIA) sudah menjalin kesempatan bersama pihak Rusia untuk menggelar F1 di Sochi Autodrom Circuit selama tujuh musim.

Baca Juga

  • Rio Haryanto Punya Kenangan Manis di GP Rusia
  • Iklim Jelang GP Rusia Bikin Rio Haryanto Bersemangat
  • Marquez Tak Nyaman Gunakan Motor Bersayap

Lintasan ini terbilang unik karena berada di sekitar lokasi Taman Olimpiade Sochi yang merupakan bagian dari Olimpiade Musim Dingin 2014. Uniknya, ada sebuah tikungan yang berbentuk huruf 'U'.

Sirkuit yang mulai dibangun pada Juli 2011 itu juga punya kenangan manis untuk jagoan balap Indonesia, Rio Haryanto. Apa itu? Simak di halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data dan fakta Formula 1 GP Russia

Data dan fakta Formula 1 GP Russia

1. Lewis Hamilton adalah pembalap yang memenangkan GP Rusia sejak sirkuit ini menggelar F1 pada 2014. Pembalap Mercedes itu sudah dua kali naik podium pertama di Rusia.

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton merayakan kemenangan dalam ajang Formuma 1 GP Rusia di Sochi Autodrom, Minggu (11/10/2015). (Liputan6.com/ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

2. Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel mencatatkan waktu tercepat dalam satu lap di Sochi Autodrom Circuit. Pada F1 2015, catatan waktu Vettel adalah satu menit 40,071 detik.

3. Kecepatan Kimi Raikkonen saat masuk zona speed trap mencapai 343,1 km/jam pada 2015. Itu tercatat sebagai pembalap tercepat di GP Rusia.

4. Saat masih tampil di GP 2 Series bersama Campos Racing, Rio Haryanto sempat memimpin balapan Sochi Autodrom Circuit. Namun akibat safety car masuk lintasan, Rio gagal menjadi juara saat Feature Race. Posisinya direbut oleh pembalap asal Selandia Baru, Richie Stanaway. Rio harus puas di posisi kedua.

Rio Haryanto (Foto: Instagram/Manor Racing)

5. Jarak antara pembalap yang meraih pole position dengan tikungan pertama hanya 844 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.