Sukses

300 Penari Sambut Jokowi Sebelum Laga Persipura Vs Persija

Persipura Vs Persija jadi laga pembuka Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Liputan6.com, Jayapura - Tiga ratus pelajar tingkat SMA di Jayapura akan menari kolosal adat Papua, menyambut Presiden Joko Widodo yang akan membuka laga perdana Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, di Lapangan Mandala, Jayapura pada Jumat (29/4/2016).

Koordinator pelatih, Jefri Zeth Nendisa, mengatakan, 300 penari berasal dari SMAN 1 sebanyak 150 orang, SMAN 4 sebanyak  120 orang dan dari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) 30 orang.

Baca Juga

  • Tingkatkan Pendapatan, Tim Rio Haryanto Jualan Baju dan Topi
  • Presiden Filipina: Manny Pacquiao Jadi Target Penculikan Teroris
  • Reformasi Tata Kelola Sepak Bola, Menpora Terbitkan 3 Permen

"Tarian ini adalah tarian pembuka dan juga tarian selamat datang untuk Presiden Joko Widodo yang akan membuka TSC di Lapangan Mandala Jayapura," ungkap Jefri, Kamis (28/4/2016).

Tarian akan diawali dengan masuknya seorang laki-laki yang menggunakan busana khas Papua yaitu koteka, menari di tengah lapangan. Kemudian, memanggil penari lainnya dengan memegang Tifa. Lalu, rombongan penari tifa pun unjuk kebolehan dengan menari, menyanyi sambil memukul tifa.

Kemudian para penari tifa ini menjemput ratusan penari dari dua penjuru dan bergabung dengan 300 orang penari itu di tengah lapangan. Di laga pembuka Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, Persipura Jayapura melawan Persija Jakarta.

"Tarian ini berdurasi 15 menit dan akan diakhiri dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh 3 orang penari, yang berada di sisi kanan, tengah dan kiri. Pengibaran bendera ini menyimbolkan melalui olahraga bisa mengharumkan nama Indonesia," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Pembukaan

Jefri mengaku, persiapan tarian kolosal ini hanya memerlukan waktu singkat sekitar satu minggu dengan lima kali latihan di sekolah masing-masing. "Kami sudah dua kali melakukan gladi di Lapangan Mandala dan berharap memberikan tontonan yang menarik," ujarnya.  

Ketua Panitia Pelaksana Persipura, Fachrudin Pasolo mengatakan kesiapan Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo sampai saat ini telah mencapai 90 persen. Pembenahan stadion, terutama dari segi keamanan terus kami lakukan. Ini dikaitkan dengan kehadiran Presiden Joko Widodo pada pembukaan ini.

Panglima Kodam XVII/Cenderwasih, Mayjen TNI Hinsa Siburian menyebutkan kunjungan Presiden Jokowi kali ini cukup berbeda, sebab kunjungan intinya adalah melakukan kick off pada laga Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

"Saya berharap masyarakat di Kota Jayapura mendukung kehadiran Pak Presiden. Apalagi pembukaan sepak bola nasional ini dilakukan dari ujung timur Indonesia dan ini menjadi kebanggaan bagi kami semua," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.