Sukses

Persib Vs Sriwijaya: Incar Poin Perdana

Persib dan Sriwijaya terakhir bertemu pada ajang Torabika Bhayangkara Cup 2016.

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung menjamu Sriwijaya FC pada laga perdana Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (30/4/2016) malam WIB. Kedua kesebelasan sama-sama mengusung misi meraih poin penuh pada pertandingan pertama.

Persib dan Sriwijaya terakhir bertemu pada ajang Torabika Bhayangkara Cup 2016. Ketika itu, Maung Bandung berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Laskar Wong Kito. Dua gol Persib dicetak oleh Samsul Arif Munip dan Juan Carlos Belencoso. 

Baca Juga

  • Ulang Tahun, Juan Mata Traktir Rekan Satu Tim
  • Mourinho Belum Tentu Latih MU
  • Bek Leicester Diam-diam Punya Kekasih Baru

Meski begitu hasil tersebut tidak menjadi jaminan bagi Persib bisa mengulang prestasi serupa atas Sriwijaya. Sebab, kegagalan diajang Torabika Bhayangkara Cup 2016, membuat jajaran manajemen mengambil langkah cepat untuk pembenahan. Salah satu langkah yang diambil dengan mendepak Benny Dollo dari kursi kepelatihan.

Posisi pelatih gaek Indonesia itu pun digantikan oleh mantan penyerang tim nasional Indonesia, Widodo Cahyono Putro. Penunjukkan Widodo sebagai suksesor Bendol (sapaan akrab Benny Dollo) dirasa tepat mengingat pelatih kelahiran 8 November 1970 ini memiliki banyak pengalaman di sepak bola Indonesia. Widodo pernah melatih klub di Tanah Air seperti Persijap Jepara, Persela Lamongan dan Gresik United.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menanti Sentuhan Widodo

Masuknya Widodo sebagai juru taktik Sriwijaya membumbungkan rasa optimistis tinggi Firman Utina dkk. Sebab, Widodo berani menargetkan juara pada ajang TSC 2016

"Tentu saja, saya menginginkan kami juara. Itu target saya sebagai pelatih. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Tim harus bekerja keras. Dan banyak faktor lain pula yang akan memberikan pengaruh signifikan," kata Widodo kepada Liputan6.com.

Demi mewujudkan hal itu, Sriwijaya harus bermain dengan baik menghadapi Persib dan berusaha mencuri poin. Hal itu bukanlah hal yang mustahil mengingat Sriwijaya memiliki keuntungan lantaran memiliki skuat yang terdiri dari delapan eks pemain Persib.

Mereka adalah adalah Firman Utina, Supardi Nasir, Muhammad Ridwan, Achmad Jufriyanto, Airlangga Sutjipto, Eka Ramdani, Wildansyah dan Hilton Moreira. "Tentu saja sangat membantu kami karena informasi yang ada dari eks pemain Persib sangat berguna. Mereka juga telah memberitahu saya dan teman-teman lain soal informasi itu," ujar Widodo.

Pada laga nanti, Sriwijaya dipastikan tidak bisa menurunkan pemain belakang andalan, Thierry Gathuessi dan gelandang Achmad Tolle karena cedera. Sementara Zalnaldo sudah mulai berlatih penuh bersama tim.

3 dari 3 halaman

Debut Pugliara di Persib

Beralih ke kubu tuan rumah, semangat optimistis meraih poin penuh juga menyelimuti skuat Persib Bandung. Kapten Persib, Atep Rizal mengatakan laga pertama TSC 2016 di depan publik sendiri merupakan sebuah keuntungan besar. Meski begitu, eks pemain Persija Jakarta ini tetap tak mau memandang remeh Sriwijaya FC.

"Beruntung kami bermain di kandang dulu, ini kesempatan buat kita untuk meraih hasil positif. Kalau main tandang, kita harus adaptasi dulu dengan cuaca dan kondisi. Kalau di sini, setidaknya kita sudah mempersiapkan. Jadi ini keuntungan besar buat kita," kata Atep.

"Mudah-mudahan kita bisa tampil baik dan pasti pertandingan pertama akan berat. Kita ingin pertandingan ini berjalan dengan seusai harapan, yakni tiga poin," tuturnya.

Pada laga melawan Sriwijaya juga akan menjadi laga debut bagi gelandang asal Argentina, Robertino Pugliara. Kemungkinan besar pelatih Persib, Dejan Antonic akan menempatkan Robertino sebagai pengatur serangan sembari ditopang Kim Jeffrey Kurniawan dan Hariono di lini tengah.

"Siapapun, saya main sama Hariono cocok dan cukup bagus, tidak ada masalah. Tiap main saya yakin bisa bagus. Ada Taufiq juga. Banyak pemain yang bagus," ungkap Robertino. Pada laga nanti, skuat Persib seluruhnya siap tempur. Hanya Zulham Zamrun yang masih absen karena cedera.

Infografis duel Persib versus SFC

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.