Sukses

WNI di Tiongkok Galang Dana untuk Rio Haryanto

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia di Tiongkok yang menamakan diri "Relawan untuk Rio" menggalang dana guna mendukung pembalap Formula 1 asal Indonesia Rio Haryanto agar dapat tetap berlaga di ajang F1 selama musim 2016.

Penanggung jawab penggalangan dana untuk wilayah Utara Tiongkok, Ignatius Reinaldy Darmawan mengatakan, penggalangan dana dilakukan dengan cara memindai kode QR yang tertera dalam poster "Rio Haryanto untuk Merah Putih" yang diterbitkan Kantor Sekretariat Pantia Penggalangan Dana Sukarela R10 Haryanto Kantor Kemenpora RI.

Baca Juga

  • Dilatih Pembalap Ini, Rossi Raih Kemenangan Ke-113 di MotoGP
  • Spaso Dukung Persib Bandung Jadi Juara
  • Mantan Pemain Persija Siap Jadi 'Pelayan' di Persib

"Dengan memindai kode QR di poster tersebut, maka otomatis sumbangan akan diterima sebesar 8,8 yuan atau sekitar Rp17.600, atau bisa juga menyumbang kelipatannya," katanya.

Masyarakat Indonesia, lanjut dia, juga dapat menyumbang dengan nominal lain dengan mengirimkan dana ke nomor rekening yang sudah disediakan atas nama Reynaldi. "Penggalangan akan dilakukan sampai Juni 2016," kata Reinaldy menambahkan.

Pemilihan nominal sebesar 8,8 yuan tersebut, menyesuaikan dengan nomor yang digunakan Rio Haryanto dalam ajang balapan F1. Reynaldi mengatakan, sumbangan yang terkumpul akan langsung diserahkan kepada pihak Rio, dan akan diterbitkan laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada para penyumbang.

Rio masih membutuhkan dana untuk dapat membalap semusim penuh bersama tim Manor Racing. Hingga saat ini, Rio sudah membayar sebesar delapan juta euro (sektar Rp118 miliar). Untuk bisa menjalani balapan satu musim penuh sebanyak 21 seri, dia masih membutuhkan dana tujuh juta euro (sekitar Rp103 miliar) lagi. (Ant)
Pembalap Manor Racing, Rio Haryanto (Dokumentasi Manor Racing)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.