Sukses

Menakar Peluang Juara Barcelona, Atletico dan Real Madrid

Barca cuma unggul selisih gol saja dari Atletico.

Liputan6.com, Jakarta- La Liga Spanyol 2015/2016 bisa jadi merupakan salah satu musim paling ketat sepanjang sejarah. Betapa tidak, dengan tersisa dua laga lagi ada tiga klub yang memiliki peluang sama besar untuk menjadi juara.

Barcelona saat ini masih memimpin klasemen dengan koleksi 85 poin. Blaugrana cuma unggul selisih gol saja dari peringkat dua Atletico Madrid. Real Madrid membuntuti di urutan tiga dengan hanya tertinggal satu poin.

Ketiga klub raksasa ini sama-sama memetik kemenangan pada pekan 36 yang digelar Sabtu (30/4/2016) waktu setempat. Barcelona menang 2-0 atas Real Betis lewat gol Ivan Rakitic dan Luis Suarez.

Sedangkan gol tunggal Antoine Griezmann membawa Atletico menekuk Rayo Vallecano 1-0. Adapun Madrid harus berterima kasih kepada Gareth Bale yang mencetak gol semata wayang kemenangan 1-0 atas tuan rumah Real Sociedad.

Baca Juga

  • Klasemen Torabika SC 2016 Presented by IM3 Ooredoo
  • Bale Bawa Madrid ke Puncak Klasemen
  • MU Dapatkan Bocah Ajaib Real Madrid?

Baik Atletico, Barcelona maupun Madrid sama-sama memetik poin penuh di tiga pekan terakhir La Liga. Akibatnya tidak ada perubahan posisi di puncak klasemen.

Melihat pada jadwal pertandingan ketiga tim, Barcelona sedikit diuntungkan. Pasukan Luis Enrique ini bisa fokus penuh di La Liga karena sudah tersingkir dari Liga Champions. Berbeda dengan dua pesaing mereka yang masih harus berjibaku di semifinal Liga Champions.

Kompetisi La Liga mengutamakan selisih gol bila ada dua atau lebih tim memiliki poin yang sama. Kondisi ini jelas menguntungkan Barca. Mereka cuma perlu menyapu bersih dua laga sisa.

Barcelona memiliki selisih gol yang superior dibanding Atletico. Mereka melesakkan 104 gol dan kebobolan 29 gol alias +75. Sedangkan Atletico cuma mencetak 60 gol dan kemasukkan 16 (+44). Madrid sendiri memiliki selisih gol +73.

Dua lawan sisa Barca juga relatif lebih mudah ketimbang Madrid dan Atletico. Lionel Messi dan kawan-kawan akan menghadapi rival sekota Espanyol dan Granada.

Kedua lawan Barcelona ini merupakan klub papan bawah. Espanyol ada di posisi 15, sedangkan Granada satu tingkat dibawahnya. Bila tidak ada kejadian luar biasa, Barca seharusnya bisa mengalahkan kedua lawannya ini.

Sedangkan Atletico masih harus berhadapan dengan peringkat lima Celta Vigo di pekan terakhir. Satu lawan lainnya adalah Levante. Madrid juga masih harus bersua Valencia pekan depan sebelum bertandang ke Deportivo La Coruna di pekan terakhir.

Ketajaman Luis Suarez bisa menjadi penentu bagi Barcelona dalam perburuan gelar La Liga. Suarez sedang dalam bentuk permainan terbaik. Dalam tiga laga terakhir eks pemain Liverpool itu mengoleksi sembilan gol (termasuk dua kali quat-trick).

Suarez tentu berambisi menambah pundi-pundi gol lagi pada laga sisa. Dia ingin jadi top skor. Saat ini Suarez memimpin daftar pencetak gol terbanyak La Liga dengan 35 gol. Tapi pria Uruguay itu hanya unggul empat gol dari bintang Madrid Cristiano Ronaldo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini