Sukses

Asal-usul Villarreal Mendapat Julukan 'Kapal Selam Kuning'

Pertandingan Liverpool vs Villareal menjadi laga hidup mati.

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool akan menjamu Villarreal pada leg kedua semifinal Liga Europa, Jumat (6/5/2016) dinihari WIB di Stadion Anfield. Pertandingan ini menjadi laga hidup mati The Reds untuk memastikan tiket ke final karena di leg sebelumnya mereka takluk 0-1 di El Madrigal.

Baca Juga

  • MU Batal Pakai Jasa Mourinho Musim Depan
  • Pemain Berdarah Batak Bantah Temui Conte Diam-diam
  • Ranieri Kembali ke Stamford Bridge Tanpa Dendam

Semifinal Liga Europa besok juga bisa dibilang sebagai derby The Beatles, karena anak-anak asuhan Jurgen Klopp itu akan menghadapi tim berjuluk Kapal Selam Kuning (Yellow Submarine) dari Kota Villarreal, Spanyol.

Ya. Yellow Submarine merupakan salah satu single The Beatles, band asal kota pelabuhan di Inggris, Liverpool yang populer pada akhir 1960-an. Tepatnya pada Agustus 1966, lagu ini menempati tangga lagu No.1 di Eropa, Amerika, Kanada dan Australia.

Meski di Spanyol hanya terjual 30 ribu copy, di era yang sama kelompok musik asal Barcelona yang tengah naik daun, Los Mustang menggubahnya ke dalam bahasa Spanyol. Los Mustang mengadopsi single The Beatles itu menjadi Submarino Amarillo yang melejit hingga terjual 130 ribu copy di Spanyol.

Pada tahun 1976, sebuah tim divisi empat Spanyol, yang tak lain tak bukan Villarreal mengadopsi lagu ini untuk merayakan keberhasilan mereka promosi ke kasta yang lebih tinggi.  Sekelompok suporter Villarreal selalu menyanyikan lagu yang sama ketika merayakannya di bar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kostum

Villarreal awalnya bermain dengan kostum putih dengan celana hitam. Namun, kombinasinya jadi berubah menjadi kuning dengan celana biru karena terjebak lagu The Beatles.

Seiring waktu berjalan, perubahan-perubahan juga terjadi seperti halnya maskot tim. Kapal selam yang menjadi maskot, Groguet juga sebetulnya bukan berwarna kuning.

Groguet sebenarnya berwarna biru tapi karena memakai jersey tim lah boneka ini bernuansa kuning. Yang paling aneh, tentu kebiasaan bernyanyi penggemar Villarreal di luar perkiraan karena tidak menyanyikan 'Yellow Submarine' untuk mendukung tim mereka.

"Es Amarillo el Villarreal. es Amarillo. es Amarillo," begitulah chant yang akan diteriakkan pendukung Villarreal. Tentu sangat menarik menunggu aksi suporter Villarreal di Anfield menyanyikan lagu The Beatles versi Spanyol tersebut. (RIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini