Sukses

Hadapi Sriwijaya FC, Pelatih Persiba Andalkan Duo Samba

Giliran Persiba yang menjadi tuan rumah di pekan kedua Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Liputan6.com, Balikpapan - Pertandingan seru antara Persiba Balikpapan dan Sriwijaya FC akan tersaji pada Sabtu  (6/5/2016) sore di pekan kedua Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Dua tim ini mengincar kemenangan karena di laga pembuka tak mampu mengamankan tiga poin.

Baca Juga

  • Adu Tajam Setiap Lini Persib vs Sriwijaya di Final Piala Presiden
  • Rekor Buruk Persib: Selalu Kalah di Samarinda
  • Kejutan, Yamaha Bidik Pedrosa Gantikan Lorenzo

Persiba menjamu Laskar Wong Kito dengan skuat minimalis. Faktanya, dari 23 pemain yang diikat kontraknya dengan manajemen, hanya 18 yang dibawa terbang ke Malang saat melawan Arema Cronus, tak termasuk pemain anyar Vinicius Dos Santos Reis.

Khusus untuk Vinicius, gelandang 25 tahun ini baru akan dimainkan bersama skuat Beruang Madu besok sore. Pelatih Jaino Matos menjanjikan, meski rekrutan baru ini lebih sering berkutat di kompetisi amatir di negara bagian, Vinicius punya kemampuan mumpuni.

"Kalau ngomongin kenapa menang tipis, kalah tidak beruntung dan soal kinerja wasit, saya malas. Pada prinsipnya saya melatih tim agar punya karakter semangat juang yang tinggi," tutur Jaino kepada Liputan6.com.

Kerasnya permainan yang ditampilkan Okto Maniani dan kawan-kawan memang terlihat di laga melawan Arema pekan lalu. Menurut data LabBola, lini belakang Persiba sukses membuat tekel sebanyak 24 kali, membuat 21 pelanggaran hingga wasit harus mencabut tiga kartu kuning.

Di sisi lain, perpaduan pemain asing yang lama merumput di Indonesia seperti Antonio Teles hingga Shohei Matsunaga (Jepang) akan mempercepat adaptasi Vinicius. Menurut Jaino, para pemain dari Negeri Samba itu bisa diandalkan kala berhadapan dengan tim berjuluk Laskar Wong Kito tersebut.

"Pemain Brasil di sini ada dua dan punya kemampuan tinggi, secara skill individu bagus. Mereka pekerja keras," kata mantan match analyst Timnas Indonesia U-23 ini.

"Sebetulnya makin banyak pemain Brasil berkualitas datang, bisa jadi contoh baik untuk pemain Indonesia. Contoh di dalam dan luar lapangan," ujar Jaino.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.