Sukses

MotoGP Prancis: Rossi Beberkan Penyebab Start di Posisi Tujuh

Valentino Rossi masih tertinggal 24 poin dari Marc Marquez.

Liputan6.com, Jakarta Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha, harus memulai balapan MotoGP Prancis 2016 dari posisi ketujuh. Ia pun mengakui kesalahannya dalam mengambil strategi saat melakoni kualifikasi di Sirkuit Le Mans.

Rossi gagal mendapatkan hasil bagus pada kualifikasi MotoGP Prancis, Sabtu (7/5/2016). Itu yang membuat The Doctor terpaksa memulai balapan dari posisi ketujuh. Catatan terbaik Rossi pada kualifikasi masih terpaut 0,854 detik dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo, yang sukses merebut pole position.

Tentu saja, itu menjadi hasil buruk bagi Rossi yang ingin melanjutkan tren positifnya. Padahal, Rossi baru saja mendapatkan kemenangan perdananya di musim ini setelah menguasai MotoGP Jerez 2016. Saat itu, Rossi unggul 2,386 detik dari Lorenzo.

Baca Juga

  • Cuplikan Video PSM Vs Persela
  • Pellegrini Sakit Hati City Rekrut Guardiola
  • Buka Peluang ke Liga Champions, MU Makin Termotivasi

Menurut Rossi, penyebab kegagalannya dalam merebut barisan terdepan kualifikasi MotoGP Prancis adalah akibat kesalahannya dalam mengambil strategi. Lajunya juga terganggu dengan terjatuhnya pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Terjatuhnya Pedrosa membuat Rossi harus menghindar hingga keluar lintasan. Saat ia kembali ke lintasan, Rossi mendapatkan hadangan dari Maverick Vinales dan Pol Espargaro, duo pembalap Suzuki.

"Sejatinya, hari ini kami meningkatkan banyak kecepatan. Itu adalah hal terpenting. Dan, saya juga lebih kompetitif meski belum cukup. Sayang, dengan potensi saya, seharusnya kami bisa memulai lebih di depan. Namun, kami melakukan beberapa kesalahan dalam kualifikasi," kata Rossi seperti dikutip Crash.net.

"Sayangnya, Pedrosa jatuh di depan saya dan membuat saya harus berhenti," lanjutnya.

Memulai balapan dari posisi ketujuh akan membuat Rossi kesulitan memangkas jarak 24 poin dengan Marc Marquez, pembalap Repsol Honda yang sedang memimpin klasemen pembalap. Apalagi, Marquez akan memulai balapan dari posisi kedua.

Saat ini Rossi duduk di urutan ketiga dengan raihan 58 poin. Ia pun masih tertinggal tujuh poin dari Lorenzo. Jelas, akan sulit bagi Rossi menorehkan kemenangan pertamanya di Prancis setelah terakhir kali menjadi juara pada MotoGP Prancis 2008.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.