Sukses

Pole Position dan Rekor Baru, Lorenzo Makin Pede

Jorge Lorenzo sudah mengoleksi enam kemenangan di Prancis.

Liputan6.com, Jakarta Dua sukses sekaligus diukir pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, pada kualifikasi MotoGP Prancis 2016. Selain merebut pole position, Lorenzo juga menciptakan rekor baru. Sukses itu membuatnya semakin bersemangat menatap balapan.

Lorenzo kembali menunjukkan eksistensinya sebagai juara bertahan MotoGP. Meski masih tertinggal dari Marc Marquez, rider Repsol Honda, di klasemen pembalap, Lorenzo masih dianggap sebagai salah satu kandidat kuat juara MotoGP 2016.

Baca Juga

  • Ke Final Liga Champions, Atletico Tetap Fokus La Liga
  • Buka Peluang ke Liga Champions, MU Makin Termotivasi
  • Espanyol Main Keras, Pelatih Barca Berharap Wasit Jeli


Kehebatannya pun kembali terlihat menjelang balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (8/5/2016). Sepanjang akhir pekan, Lorenzo mampu menempatkan dirinya dalam barisan terdepan.

Rinciannya, ia duduk di posisi kedua pada latihan bebas pertama, terdepan (latihan bebas kedua), urutan kedua (latihan bebas ketiga), dan posisi terdepan (latihan bebas keempat). Puncaknya, Lorenzo sukses merebut pole position pada kualifikasi, Sabtu (7/5/2016).

Saat kualifikasi, Lorenzo sukses menorehkan waktu terbaik 1 menit 31,975 detik. Ia unggul 0,441 detik dari Marquez yang menjadi pesaing terdekat. Catatan itu membuat Lorenzo mengukir rekor baru. Ia adalah pembalap pertama yang mampu mencetak waktu di bawah 1 menit 32 detik di Sirkuit Le Mans.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecepatan Meningkat

"Saya senang karena mendapatkan lap yang menakjubkan. Saya tak menduga bakal begitu cepat. Saya hanya menebak mencetak waktu 1 menit 32 detik. Tapi, akhirnya saya meningkatkan kecepatan hampir satu detik. Ini adalah buah dari pekerjaan besar tim," kata Lorenzo seperti dilansir Crash.

Kini, Lorenzo memiliki peluang besar untuk mencetak kemenangan keenam di Prancis. Sebelumnya, ia juga sempat berjaya pada MotoGP Prancis 2015, 2012, 2010, dan 2009. Ia juga sempat menjadi juara di kelas Moto2 pada musim 2007.

Memulai balapan dari posisi terdepan juga memberikan kesempatan bagi pembalap Spanyol itu untuk memangkas jarak dengan Marquez. Saat ini, Lorenzo masih tertinggal 17 poin dari Marquez dan unggul tujuh poin atas rekan setimnya, Valentino Rossi.

"Untuk saat ini tampaknya segalanya akan berjalan dengan baik untuk balapan. Namun, balapan adalah sesuatu yang berbeda. Mudah-mudahan kondisi kami tak berubah," tutur Lorenzo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.