Sukses

Liga Inggris: Sengit di Zona Liga Champions dan Degradasi

Meski Leicester sudah juara, persaingan di Liga Inggris masih ketat.

Liputan6.com, Jakarta- Siapa yang menjadi juara Liga Inggris 2015/2016 sudah diketahui sejak Senin (2/5/2016). Leicester City dipastikan menjadi juara setelah rival terdekatnya Tottenham Hotspur ditahan imbang 2-2 oleh Chelsea.

Meski persaingan menjadi juara sudah selesai, bukan berarti dua pekan tersisa Liga Inggris menjadi kurang greget. Justru pertandingan di pekan 37 dan 38 berjalan makin sengit dan ketat.

Baca Juga

Persaingan seru terjadi untuk memperebutkan tiket ke Liga Champions musim depan. Selain Leicester dan Tottenham, dua tiket tersisa masih diperebutkan oleh Arsenal, Mancheser City, Manchester United dan West Ham United.

Manchester United memperbesar peluang merebut tiket ke Liga Champions musim depan setelah berhasil menang 1-0 kala dijamu Norwich City.

Kemenangan ini membuat MU mengoleksi 63 poin. Mereka memang masih berada di urutan lima. Namun Setan Merah kini cuma terpaut satu poin saja dari Manchester City yang berada di urutan empat yang merupakan zona Liga Champions.

Nanti malam City harus menghadapi peringkat tiga Arsenal. Jika The Citizens kalah, MU bisa naik ke urutan empat pertengahan pekan ini. Pasalnya pasukan Louis van Gaal memiliki laga tunda kontra West Ham United.

MU sangat mengharapkan bantuan Arsenal untuk bisa mengalahkan atau minimal menahan imbang City. Peluang City tersandung cukup besar. Arsenal juga butuh kemenangan untuk mengamankan posisi tiga klasemen yang berarti lolos langsung ke babak utama Liga Champions musim depan.

Mental bertanding City tengah ambruk. mereka baru saja tersingkir dari Liga Champions setelah kalah 0-1 dari Real Madrid.

"Itu akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kedua tim, khususnya buat ManCity. Apalagi, mereka baru saja disingkirkan Real Madrid di semifinal Liga Champions. Tak mudah bagi ManCity untuk bangkit dari hasil itu," tutur Van Gaal seperti dikutip situs resmi MU.

West Ham United juga masih berpeluang lolos. mereka mengoleksi 59 poin alias terpaut lima angka dari City. Namun The Hammers mengalami kemunduran dalam perburuan tiket ke Liga Champions setelah kalah 1-4 dari Swansea City.

Diantara keempat klub yang memburu tiket Liga Champions, Arsenal yang peluangnya paling besar. Mereka hanya perlu butuh dua poin di dua laga sisa. Sedangkan City wajib menyapu bersih dua pertandingan terakhir agar tidak dikejar oleh MU. 

Selain zona Liga Champions, persaingan sengit juga terjadi untuk menghindari jeratan degradasi. Sunderland keluar dari zona merah setelah menang 3-2 atas Chelsea.

Kemenangan itu membuat Sunderland mengoleksi 35 angka. Mereka mendepak Newcastle United ke posisi 18. Newcastle terjerembab karena cuma mampu bermain imbang tanpa gol dengan juru kunci Aston Villa yang sudah dipastikan turun kasta.

Newcastle seharusnya bisa menang melawan Villa. mereka memiliki banyak peluang emas melalui Jack Colback dan Alexander Mitrovic. Namun karena kurang tenang, Newcastle kini jadi tertinggal satu angka dari Sunderland.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.