Sukses

Mitra Kukar Vs Barito Putera: Adu Kuat Tim Borneo

Kedua kubu sama -sama mencari kemenangan perdana di laga ini.

Liputan6.com, Tenggarong - Mitra Kukar mencari kemenangan pertama di laga kandang pertama ajang Torabika Soccer Championship 2016 presented by Ooredoo, Senin, (9/5/2016) di Stadion Aji Imbut ketika menghadapi sesama tim dari pulau Borneo, Barito Putera.

Hasil imbang di laga perdana kontra Perseru Serui membuat Mitra Kukar harus memaksimalkan kemenangan ketika bersua dengan Barito Putera. Menghadapi sesama tim dari pulau Borneo, Mitra Kukar berada dalam kondisi siap tempur. Pelatih Mitra Kukar, Subangkit menyatakan tidak ada pemain yang cedera. 

Baca Juga

  • Video Koreografi Apik The Jakmania di Persija Vs Semen Padang
  • Atletico Gagal Juara La Liga, Begini Reaksi Simeone
  • Terancam Denda, Jakmania Evaluasi Duel Persija Vs Semen Padang

"Seluruh pemain siap tempur untuk meraih kemenangan pertama. Keberhasilan meraih satu poin di Serui pada laga pertama membuat mental pemain kami sangat bagus,” kata mantan pelatih Persiwa Wamena ini sebagaimana dilansir dari situs Mitra Kukar.

Dari segi permainan, postur tubuh para pemain Laskar Antasari, membuat Subangkit cemas. Dia menilai, Barito Putera sangat berbahaya ketika mengambil set-pieces. Bek Hansamu Yama bisa diandalkan Barito untuk menanduk bola. Pemain jebolan Timnas U-19 ini memiliki tinggi badan 180 cm.

"Pemain mereka banyak yang berpostur tinggi, kami harus waspada ketika terjadi bola-bola mati."

Subangkit mengingatkan kepada pasukannya untuk berhati-hati dengan kebangkitan Barito Putera. Pada pertandingan pertama Torabika Soccer Championship presented by Ooredoo, Barito Putera harus mengakui keunggulan Bhayangkara Surabaya United.

Mitra Kukar memiliki kenangan pahit ketika meladeni Barito Putera. Pada ajang ISL 2013 lalu, Barito Putera pernah mempermalukan Mitra Kukar dengan skor jumbo 1-5. Ketika itu, duel berlangsung di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Barito dengan 15 pemain

Hasil bagus tersebut coba diulang skuat asuhan Mundari Karya dalam duel ini. Kekuatan Barito Putera tidak bisa dibilang pas-pasan di ajang ini. Barito mendapat suntikan tenaga dari pemain jebolan Timnas U-23 Indonesia seperti Paulo Sitanggang, Rizky Pora, dan mantan pemain Persija Jakarta, Adam Alis. Sedangkan, Barito juga mempertahankan sang kapten di ISL, Amirul Mukminin.

Rencananya, Paulo dan Amirul bakal diturunkan Mundari sebagai starter. "Nanti Amir dan Paulo diturunkan sejak menit awal." Gelandang Lucky Wahyu bakal ditugaskan sebagai stopper.

Bertandang ke kandang Naga Mekes, Barito Putera membawa 15 pemain. Meski membawa skuat yang minim, Mundari percaya Barito bisa mendapatkan tiga poin perdana. Permainan dari sektor sayap Mitra Kukar menjadi alarm bahaya bagi tim tamu. Mundari meminta tim bermain efektif, terutama meredam gempuran pemain sayap Mitra Kukar.

"Mitra Kukar tim bagus. Dua pemain sayap mereka sangat cepat, ada Hendra Adi Bayaw dan Bayu Pradana. Mereka pasti bermain ngotot untuk meraih kemenangan."

Di sisi lain, Mundari sendiri menyatakan banyak kekurangan yang mesti dibenahi pasukannya. Fisik dan mental bertanding pemain menjadi sorotan mantan pelatih PSPS Pekanbaru itu. Mundari mengatakan, Barito hanya bermain bagus di babak pertama ketika bersua Surabaya United. Selebihnya, stamina pemain kedodoran.

"Setelah gol balasan lawan dari titik penalti, langsung meruntuhkan kepercayaan diri pemain. Pemain mulai kedodoran. Pada 15 menit babak kedua anak-anak juga main bagus tapi banyak peluang tercipta yang tidak berbuah gol," jelasnya.

Selain itu, penyelesaian akhir masih menjadi kendala timnya. Masalah itu tampak ketika striker asal Brasil, Junior Luis Azevedo gagal memanfaatkan banyak peluang menjadi gol di laga perdana lalu.

"Junior misalnya. Pada babak kedua, ia memiliki tiga hingga empat peluang yang sebenarnya bisa berbuah gol, tapi ternyata gagal dimanfaatkan dengan baik," ia menandaskan.

Prediksi Susunan Pemain

Mitra Kukar: Shahar Ginanjar; Arthur Cunha, Saepulloh Maulana, Abdul Gamal, Michael Orah, Bayu Pradana, Asri Akbar, Hendra Bayauw, Septian David Maulana, Rodrigo Ost Dos Santos, Marlon Da Silva.

Barito Putera: Aditya Harlan; Fathul Rahman, Mamadou El Hadji, Aswar Syamsudin, Rizky Pora, Paulo Sitanggang, Ibrahim Conteh, Adam Alis, Lucky Wahyu, Dedi Hartono, Luis Carlos Junior.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.