Sukses

PBFC Vs Persiba: Misi Serupa di Derby Kaltim

PBFC dan Persiba sama-sama belum pernah menang musim ini.

Liputan6.com, Jakarta- Pusamania Borneo FC menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Segiri, Samarinda, pada pekan ketiga Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo Jumat (13/5/2016) sore WIB. Pada laga yang bertajuk derby Kaltim itu, kedua tim sama-sama membidik kemenangan pertama pada kompetisi ini.

PBFC saat ini berada di peringkat ke-10 klasemen sementara dengan koleksi dua poin hasil dari dua imbang. Sedangkan Persiba berada di posisi ke-17 dengan koleksi satu poin hasil dari satu imbang dan satu kalah.

Baca Juga

  • Gara-gara MU, Chelsea Pilih Cerai dengan Adidas
  • Kado Istimewa Leicester untuk Buffon
  • Menghitung Peluang Mourinho Latih Indonesia

Di atas kertas, skuat PBFC sebenarnya berada satu level di atas Persiba. Sebab, Pesut Etam memiliki banyak pemain yang pernah merasakan menggunakan seragam Timnas Indonesia.

Mereka adalah Ponaryo Astaman, Zulkifli Syukur, Diego Michiels hingga Gerard Pangkali. Kehadiran pemain-pemain tersebut jelas meningkatkan kualitas permainan PBFC.

Akan tetapi, kekompakan tampaknya belum dimiliki oleh PBFC. Terlihat dalam dua pertandingan awal, Ponaryo Astaman dkk. masih sering terjadi salah pengertian sehingga membuat mereka kehilangan bola.

Hal ini yang seharusnya disadari betul oleh Beruang Madu. Apalagi skuat asuhan Jaino Matos juga sedang berada dalam kepercayaan diri tinggi usai menahan imbang tanpa gol kandidat juara Sriwijaya FC di Stadion Persiba, Jumat 6 Mei 2016 lalu.

Kendati demikian, Persiba tampaknya masih memiliki pekerjaan rumah berat jelang melawan PBFC. Ya, Persiba hingga memasuki pekan kedua belum mencetak satu gol pun.

Penyerang sayap Oktovianus Maniani sempat mengeluhkan alasan ia tak bisa mencetak gol karena minimnya suplai bola dari lini tengah. Keluhan tersebut tentu menjadi masukan bagi pelatih Jaino dalam mempersiapkan tim jelang melawan PBFC.

Jika permasalahan suplai bola ke depan bisa diselesaikan bukan tidak mungkin Persiba mampu meraih tiga poin pertamanya pada laga ini. Hal tersebut tentu bakal menambah keseruan dalam laga yang bertajuk derby Kaltim.

Prakiraan susunan pemain:

Pusamania Borneo FC (4-2-3-1): Dian Agus Prastyo; Zulkifli Syukur, Leonard Tupamahu, Diego Michiels, Jad Noureddine, Tarik Bochetti, Ponaryo Astaman, Terens Puhiri, Sandi, Jefri Kurniawan, Pedro Javier

Persiba Balikpapan (4-4-2): Aditya Kelvan; Iqbal Samad, Ledi Utomo, Dirk Glay, Abdul Rahman, Asri Akbar, Antonio Teles, Radiansyah, Kurniawan Karman, Shoehei Matsunaga, Oktovinaus Maniani

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.