Sukses

4 Pemain Liga Inggris Ini Ucapkan Salam Perpisahan

Mereka harus pergi di penghujung musim ini.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir musim ini, Liga Inggris sedikit melankoli. Pasalnya, cukup banyak dan pelatih yang berpisah dengan klub yang mungkin sudah dibela dalam kurun waktu yang lama.

Tak heran, perpisahan mulai dari seremonial kecil hingga besar pun dibuat. Tujuannya tak lain adalah untuk menghormati jasa mereka pada klub.

Baca Juga

  • Penampilan Tim Thomas Indonesia Memuaskan
  • Terpilih Sebagai MVP Proliga, Rivan Tidak Menyangka
  • Cuplikan Video Sriwijaya FC Pesta Gol ke Gawang MU


Tidak peduli tim besar atau papan tengah, klub-klub pun tetap menghargai jasa para pemain tersebut. Alhasil,  hubungan baik antara klub dan para pemain tetap terjaga meski sudah tak lagi bersama.

Berikut ini beberapa pemain di Liga Inggris yang pada pekan terakhir, Minggu (15/5/2016) malam, mengucapkan salam perpisahan pada klub masing-masing. Di antara mereka, ada yang menitikan air mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tomas Rosicky

1. Tomas Rosicky (Arsenal)

Berakhir sudah perjalanan 10 tahun Tomas Rosicky membela Arsenal. Pemain yang diberi julukan Mozart Kecil itu akan hengkang pada akhir musim ini.

Rosicky dibeli Arsenal dari Borussia Dortmund pada 2006. Pemain berkebangasaan Republik Ceko itu diboyong untuk menggantikan Robert Pires yang hengkang.

Di awal bergabung, Rosicky mampu menjadi andalan Arsene Wenger di lini tengah. Kemampuannya mengatur serangan membuat dia mendapatkan tempat inti di skuat Meriam London.

Sayang, cedera panjang yang menimpa Rosicky membuatnya harus kehilangan tempat inti. Dan seiring usia yang semakin menua, kesempatan Rosicky bermain di tim inti pun semakin hilang.

Apalagi, di saat bersamaan Arsenal juga mendatangkan pemain-pemain tengah seperti Mesut Ozil, Santi Cazorla, dan Alexis Sanchez.

Meski demikian, di perpisahannya kemarin, Rosicky tetap mendapat penghargaan dari manajemen dan fans Arsenal. Manajemen memberikan figura meriam yang terbuat dari perak pada pemain berusia 35 tahun tersebut.

Catatan karier
Nama: Tomas Rosicky
Bergabung dengan Arsenal: 2006
Penampilan: 170 kali dengan 19 gol
Trofi: 2 Piala FA, 2 Community Shield

 

 

3 dari 5 halaman

Mikel Arteta

2. Mikel Arteta (Arsenal)

Pemain kedua Arsenal yang juga mengucapkan salam perpisahan adalah Mikel Arteta. Ya, kapten The Gunners ini harus berpisah setelah lima musim bermain bagi klub asal Kota London tersebut.

Arsenal memboyong Arteta dari Everton pada 2011. Ketika itu, Arteta disebut-sebut akan menjadi pengganti Cesc Fabregas yang hengkang ke Barcelona.

Pemain asal San Sebastian, Spanyol ini lalu mendapatkan ban kapten di musim 2014/15. Meski hanya sebentar menjadi kapten Arsenal, pemain berusia 34 tahun ini ternyata berhasil mendapatkan rasa hormat dari para fan juga pemain.

Banyak pihak menilai, Arteta memiliki kapasitas mumpuni sebagai kapten lantaran pengaruhnya di dalam dan di luar lapangan. Hal itu setidaknya terlihat di hari pertandingan terakhirnya bersama Arsenal kemarin.

Sambutan meriah itulah yang akhirnya membuat Arteta menitikan air mata. Ya, meski tak sampai satu dekade membela Arsenal, Arteta ternyata mampu meninggalkan jejak yang cukup dalam di hati para fan Arsenal.

Catatan karier
Nama: Mikel Arteta
Bergabung dengan Arsenal: 2011
Penampilan: 150 kali  14 gol
Trofi: 2 Piala FA, 2 Community Shield

 

4 dari 5 halaman

Mathieu Flamini

3. Mathieu Flamini

Flamini membela Arsenal dalam dua periode. Di periode pertama, (2004-2008) dia tampil 102 kali dan mencetak 7 gol. Di periode kedua (2013-2016), gelandang asal Prancis ini tampil 66 kali dan mengemas tiga gol.

Gelandang asal Prancis berusia 32 tahun ini harus hengkang karena kontraknya tidak diperpanjang klub. Kendati sempat hengkang ke Milan pada 2008, Flamini tetap mendapat respek dari fans Arsenal.

Itu lantaran permainan enerjik yang dimainkannya di atas lapangan hijau.

Catatan karier
Nama: Mathieu Flamini
Bergabung dengan Arsenal: 2004, 2013
Penampilan: 168 kali, 10 gol.
Trofi: 3 Piala FA, 3 Community Shield

 

5 dari 5 halaman

Tim Howard

4. Tim Howard

Kiper Everton ini akhirnya mengucapkan salam perpisahan pada The Toffees setelah 10 musim bergabung.

Howard pertama kali bergabung pada 2006 dengan status pinjaman dari Manchester United. Satu musim bermain sebagai pinjaman, Howard lalu mendapatkan kontrak dari Everton hingga terus dipercaya menjadi pemain inti.

Kiper asal Amerika Serikat itu telah tampil dalam 327 kali penampilan bagi Everton. Uniknya, Howard juga pernah menciptakan satu gol bagi tim yang bermarkas di kota Liverpool tersebut.

"Saya akan pergi dengan cinta di hati saya untuk klub terbaik ini, klub semua orang, Everton FC," kata Howard yang telah berusia 37 tahun.

Catatan karier
Nama: Tim Howard
Bergabung dengan Everton: 2006
Penampilan: 327 kali, 1 gol
Trofi: -

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini