Sukses

Kalahkan Ronaldo, Luis Suarez Raih Sepatu Emas Eropa

Ini kedua kalinya penyerang asal Barcelona ini meraih European Golden Shoe.

Liputan6.com, Barcelona - Luis Suarez resmi dinobatkan sebagai penerima Sepatu Emas Eropa alias European Golden Shoe. Penyerang Barcelona ini mengalahkan Cristiano Ronaldo, dalam torehan 40 gol di La Liga Spanyol 2015/16.

Dengan 40 gol, Luis merupakan pencetak gol terbanyak La Liga Spanyol 2015/16, unggul lima gol daripada Ronaldo. Dengan begitu, total Luis Suarez mengumpulkan 80 poin. Sementara Ronaldo, dengan 70 poin berada di posisi ketiga.

Baca Juga

Sementara di posisi kedua diduduki pemain asal Argentina, Gonzalo Higuain. Penyerang asal Napoli itu mengoleksi 36 gol dengan 72 poin.

Seperti diketahui, untuk liga-liga besar seperti Spanyol, Inggris, Italia, dan Jerman, setiap gol dikalikan dua. Berbeda dengan liga-liga di bawahnya, seperti Liga Prancis, yang per golnya hanya "dihargai" 1,5 poin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Kedua

Bagi Suarez, ini kedua kalinya dia dinobatkan sebagai peraih Sepatu Emas Eropa. Sebelumnya, pada musim 2013/14, pemain asal Uruguay itu juga meraih penghargaan sama, bersama Ronaldo. Ketika itu, keduanya mencetak 31 gol dan mendapat 62 poin.

Musim ini, performa Suarez memang gemilang. Musim ini, total dia mencetak 59 gol dari 52 penampilan bersama Barcelona. Bersama rekan seklubnya, Lionel Messi, Suarez juga merupakan pembuat assist terbanyak La Liga, 16 assist.

Selain gelar La Liga, bersama Barcelona, Suarez juga memenangkan Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub. Mantan pemain Liverpool ini juga berpeluang memenangkan Piala Raja. Syaratnya, dia harus bisa membawa Barcelona mengalahkan Sevilla di laga final, 22 Mei mendatang.

Berikut 10 Pencetak Gol Terbanyak Eropa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.
    Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.

    Luis Suarez

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Liga Spanyol