Sukses

4 Klub Indonesia Ini Belum Pernah Menang Hingga Pekan Ketiga

Salah satunya Persipura yang belum sekalipun menang dari tiga laga Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ketiga Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo usai dihelat. Sebanyak sembilan pertandingan tersaji dengan lahirnya banyak gol.

Total, 24 gol lahir dalam delapan pertandingan sejauh ini. Angka ini tentu berbeda dari pekan pertama yang hanya menciptakan 18 gol dan delapan gol pada pekan kedua.

Kendati demikian, pekan ketiga juga menjadi bencana sendiri bagi beberapa klub penghuni papan bawah. Klub seperti Persela Lamongan, PS TNI, Persiba Balikpapan, hingga Persipura Jayapura kembali mendapatkan hasil tidak memuaskan dengan kekalahan yang diterima dari lawannya masing-masing.

Hasil minus tersebut juga membuat status para pelatih mulai terancam. Bisa jadi jika para pelatih tersebut tidak menunjukkan perbaikan pada laga selanjutnya bukan tidak mungkin pemecatan menjadi keputusan yang bakal mereka terima.

Untuk itu, Liputan6.com mencoba merangkum empat klub yang gagal tampil impresif hingga pekan ketiga Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Persela Lamongan

1. Persela Lamongan

Persela saat ini menjadi penghuni dasar klasemen Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. Skuat asuhan Stefan Hansson itu belum sekalipun meraih kemenangan.

Pada laga awal, Laskar Joko Tingkir secara mengejutkan takluk 0-1 dari Gresik United di Stadion Surajaya, Sabtu (30/4/2016). Satu minggu berselang, giliran PSM Makassar yang mengalahkan Persela dengan skor akhir 2-1 di Stadion Andi Matallata, Makassar, Sabtu (7/5/2016).

Kekalahan ini membuat pemain asing Mohammad Kdouh dipecat dari skuat Persela. Tak hanya itu, nasib Stefan Hansson bersama tim Biru Muda juga kian tak jelas. Bahkan, kabarnya sebelum keberangkatan Persela ke Jakarta, jajaran manajemen telah memberikan ultimatum kepada eks-pelatih Mitra Kukar ini.

Nasib tidak beruntung tampaknya terus menghinggapi Hansson. Pelatih asal Swedia ini kembali gagal menang setelah takluk 1-2 dari Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (13/5/2016).

Akibatnya, muncul isu bahwa manajemen Persela akan menggelar pertemuan pada Sabtu (14/5/2016) malam atau Minggu (15/5/2016) pagi. Disinyalir pertemuan itu dilakukan untuk membahas kelanjutan nasib Hansson bersama klub kebanggaan kota Lamongan itu.

3 dari 5 halaman

PS TNI

2. PS TNI

PS TNI sempat menjadi fenomena ketika tampil apik di ajang Piala Jenderal Sudirman. Pada turnamen tersebut, PS TNI bahkan sukses mengalahkan tim juara ISL, Persib Bandung.

Namun pada gelaran Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo, PS TNI seperti kesulitan untuk menunjukkan performa terbaik. Setidaknya itu yang terlihat pada tiga laga awal PS TNI.

Skuat asuhan Eduard Tjong ini sama sekali belum pernah meraih kemenangan. Di laga perdana  Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo, PS TNI harus menyerah 1-2 dari Madura United di Stadion Siliwangi Bandung.

Pada laga kedua, PS TNI mampu menunjukkan performa yang lebih baik ketika menahan imbang 0-0 Bhayangkara Surabaya United di laga tandang pertama. Sayang, pada pekan ketiga, PS TNI harus menahan malu usai dipermalukan 1-4 dari Mitra Kukar di depan publik sendiri.

Kekalahan ini membuat PS TNI berada di peringkat ke-17 dengan raihan satu poin. Berada satu tingkat di atas Persela Lamongan yang menduduki posisi paling buncit.

Rentetan kegagalan ini membuat kapasitas pelatih Eduard Tjong dipertanyakan. Padahal, sebelum Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo, bergulir, PS TNI ditargetkan untuk mencapai peringkat kedua.

Akibat performa ini, Eduard sempat menyatakan dirinya siap apabila mendapatkan evaluasi dari jajaran manajemen berupa pemecatan. Namun, dia masih tetap optimistis PS TNI bisa berjaya di Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo.

4 dari 5 halaman

Persiba Balikpapan

3. Persiba Balikpapan

Persiba Balikpapan pernah menjadi fenomena di sepak bola Indonesia setelah merengkuh juara ketiga pada ajang Indonesia Super League 2009-2010. Sayang kejayaan tersebut saat ini hanya tinggal kenangan jika berkaca  pada hasil di ajang Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo.

Ya, Beruang Madu tampak masih kesulitan untuk meraih kemenangan pada tiga laga awal. Persiba kalah 0-2 dari Arema Cronus di laga awal. Lalu imbang 0-0 kontra Sriwijaya FC.

Pada laga ketiga, Persiba kembali harus menyerah 0-1 dari Pusamania Borneo FC. Hasil dua kali kalah dan satu imbang membuat Persiba berada di posisi ke-16 dengan koleksi satu poin.

Persiba bahkan menjadi sorotan ketika dianggap sebagai klub yang kasar dalam bermain. Dalam tiga laga awal, sudah ada empat pemain yang cedera saat berhadapan dengan Persiba. Mereka adalah Syaiful Indra Cahya, Cristian Gonzales Dendi Santoso dan Aang Suparman.

Selain itu, ketajaman lini serang Persiba juga menjadi hal yang paling memperihatinkan. Duet Oktovianus Maniani dan Shohei Matsunaga mandul gol hingga saat ini.

Meski begitu, kondisi minus ini tampaknya tak membuat kedudukan Jaino Matos sebagai pelatih kepala terganggu. Sebab, higga saat ini tidak ada isu yang beredar bahwa pelatih asal Brasil itu bakal dipecat oleh jajaran manajemen Beruang Madu.

5 dari 5 halaman

Persipura Jayapura

4. Persipura Jayapura

Persipura merupakan klub langganan juara di sepak bola Indonesia. Klub berjulukan Tim Mutiara Hitam tercatat tiga kali menjuarai Indonesia Super League. Bahkan di kancah Asia, Persipura juga sempat membuat decak kagum usai lolos ke babak semifinal AFC Cup 2014.

Akan tetapi, kegarangan Persipura sama sekali belum terlihat pada Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. Dalam tiga laga, Boaz Solossa dkk sama sekali belum meraih kemenangan.

Persipura mengawali Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo dengan ditahan imbang 1-1 oleh Persija Jakarta. Lalu pada laga kedua, Persipura bermain imbang tanpa gol kontra Bali United.

Puncak performa buruk Persipura terjadi saat takluk 0-2 dari Semen Padang. Parahnya lagi, Persipura yang dikenal dengan ketajaman penyerangnya juga baru mencetak satu gol dari tiga laga.

Pelatih Persipura, Jafri Sastra pun mendapat sorotan tajam terhadap performa mengecewakan ini. Pelatih yang sempat membawa Mitra Kukar menjuarai Piala Jenderal Sudirman ini dianggap belum bisa menerapkan strategi dan taktiknya dengan baik.

Namun, tak adil memang jika hanya menyalahkan Jafri. Sebab, jelang Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo, Persipura sempat membubarkan tim dan mempersilakan beberapa pemain bergabung dengan klub lain. Persiapan Persipura juga terbilang singkat sebelum berkiprah di Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo.

Penulis: Yosef Deny Pamungkas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini