Sukses

Marcus Rashford Buat Hodgson Jilat Ludah Sendiri

Pemain berusia 18 tahun itu sebelumnya tidak pernah diperhitungkan masuk dalam jajaran skuat bergengsi ini.

Liputan6.com, London - Skuat Timnas Inggris di Piala Eropa 2016 mulai bisa ditebak. Pelatih Inggris, Roy Hodgson merilis 26 nama pemain bayangan untuk bertempur di Prancis. Satu nama yang mengejutkan, Marcus Rashford.

Pemain Manchester United itu masuk dalam proyeksi skuat The Three Lions. Pemain berusia 18 tahun itu sebelumnya tidak pernah diperhitungkan masuk dalam jajaran skuat bergengsi ini. Maklum, nama sang pemain baru terdengar di awal tahun.

 

Baca Juga

  • Pemain Paling Tidak Berguna Barcelona Mampu Tandingi Ronaldo
  • Fans Arsenal Indonesia Bakal Kian Dekat dengan Tim Idola
  • Pensiun, Abbiati Sampaikan Salam Perpisahan di AC Milan 

 

Rashford mulai mendapat atensi ketika melakoni debut di leg 2 Europa League kontra Midtjylland. Ketika itu, Rashford menyumbangkan dua gol. Mata publik sepak bola Inggris benar-benar terbuka. Pemain yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas ini kembali menjaringkan dua gol saat membantu MU mengalahkan Arsenal 3-2.

April lalu, sebenarnya sempat berhembus rumor Rashford menjadi bagian dari Timnas Inggris. Dia bakal bergabung dengan striker fenomenal lainnya, Jamie Vardy yang berhasil mengantarkan Leicester City merengkuh gelar Premier League. Menurut Hodgson ketika itu, Rashford belum layak untuk menghuni skuat Inggris.

"Sejauh ini, untuk masuk ke tim utama, ini akan menjadi keputusan yang berani untuk memainkan dia. Itu artinya, saya berarti harus mencoret seseorang pemain yang menurut saya punya alasan kuat untuk dipanggil," jelas Hodgson.

Manajer Timnas Inggris, Roy Hodgson

Terlepas dari pernyataan bernada miring untuk Rashford, toh sang pemain mampu menunjukkan, dia memiliki talenta yang patut diperhitungkan untuk bermain di timnas. Musim 2015/16 lalu, Rashford telah mencetak 7 gol dari 16 pertandingan MU.

Hodgson seakan menjilat ludah sendiri. Mantan pelatih WBA itu mencantumkan Rashford dalam skuat bayangan Inggris. "Rashford bisa menjadi pesaing penyerang lainnya," kata mantan pelatih West Bromwich Albion tersebut sebagaimana dikutip dari Sportsmole."Dengan begitu dia menjadi lebih kuat."

Kini, Rashford memiliki waktu sepekan untuk meyakinkan Hodgson masuk dalam 23 pemain yang bakal terbang ke Prancis untuk tampil di Piala Eropa 2016."Dia pantas masuk dalan skuat sementara dan saya ingin melihat kemampuannya lebih jauh selama satu pekan ke depan sebelum menentukan 23 pemain final."

Pemain jebolan Timnas Inggris U-20 ini berpeluang tampil ketika Inggris melawan Turki di Manchester (22/5/2016) dan Australia di kandang Sunderland, (29/5/2016). Setelah itu, tim juara Piala Dunia 1966 ini bakal ditentukan pada 31 Mei mendatang. Inggris sendiri dijadwalkan melakoni laga persahabatan terakhir kontra Portugal di London, 2 Juni 2016 mendatang.

Marcus Rashford mencetak gol

Terdapat dua nama rival berat Rashford untuk masuk dalam 23 nama pemain di Piala Eropa, yaitu Daniel Sturridge dan Jamie Vardy. Mereka memiliki tipikal permainan yang sama dengan Rashford.

Bila mengenakan jersey Timnas Inggris di dua laga itu, Rushford bergabung dengan lima pemain Inggris lainnya yang dipanggil ke timnas di usia kurang dari 20 tahun. Mereka adalah, Theo Walcott, Wayne Rooney, Raheem Sterling, Michael Owen dan Micah Richard.

Sejauh ini, baru Theo Walcott sebagai pemain termuda. Dia melakoni debut di laga internasional pada usia 17 tahun 75 hari. Pemain Arsenal itu turun ketika Inggris menghadapi Hungaria pada 30 Mei 2006. Sayang, Walcott gagal masuk tim inti Inggris untuk Piala Eropa tahun ini. Rangkaian cedera yang membebat membuat Hodgson melupakan pemain bertubuh mungil tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini