Sukses

Berjalan Sebulan, SMS Donasi Rio Haryanto Masih Jauh dari Target

Rio Haryanto butuh dana besar untuk melanjutkan kariernya di Formula 1 bersama Manor Racing.

Liputan6.com, Jakarta - Rio Haryanto butuh dana besar untuk melanjutkan kariernya di Formula 1 bersama Manor Racing. Tidak tanggung-tanggung, dia membutuhkan dana sebesar Rp 100 miliar.

Sejauh ini, pembalap berusia 23 tahun tersebut baru menyerahkan uang kepada Manor sebesar 8 juta euro dari 15 juta euro yang diminta. Uang tersebut didapat dari sponsor, Pertamina sebesar 5 juta euro dan uang pribadi keluarga Rio 3 juta euro.

Baca Juga

  • Solidaritas Suporter MU Bantu Fans Sierra Leone ke Old Trafford
  • 16 Fakta Menarik Liga Premier Inggris 2015/16
  • 6 Pemain Paling Berpengaruh di Klub Eropa Musim Ini

Dengan uang sebanyak itu, Rio hanya bisa balapan setengah musim. Dengan demikian, GP Hungaria pada 24 Juli 2016 bakal menjadi penampilan terakhir di F1.

Pihak Pemerintah dalam hal ini lima Kementerian Republik Indonesia, yakni Kemenpora, Kemenkominfo, Kementerian BUMN, Kementerian Sosial, dan Kementerian Pariwisata berinisiatif membatu Rio dengan mengumpulkan dana dari SMS donasi.

Dukungan SMS "Solidaritas Merah Putih untuk Rio Haryanto" sudah dimulai sejak 17 April sampai 17 Juli 2016, atau seminggu sebelum GP Hungaria berlangsung.

Hingga saat ini, uang yang baru terkumpul dari SMS donasi tersebut sebesar Rp 224,7 juta. Uang yang terkumpul tentu belum 1 persen dari target Rio untuk membayar sisa pembayaran kepada Manor Racing sebesar Rp 100 miliar.

Ibu sekaligus manajer Rio Haryanto, Indah Pennywati berharap masyarakat Indonesia terus membantu anaknya dengan terus mengirim SMS dengan mengetik Rio ke 7788 untuk semua operator.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini