Sukses

Prediksi Persiba vs Persib: Waspada Terkaman Beruang Madu

Dalam tiga pertandingan awal, permainan kasar Persiba sudah memakan empat korban.

Liputan6.com, Balikpapan - Persib Bandung bertandang ke markas Persiba Balikpapan pada lanjutan pekan keempat Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo di Stadion Persiba, Sabtu (21/5/2016) malam WIB. Maung Bandung mewaspadai permainan keras Beruang Madu sekaligus membidik tiga poin pada laga ini.
 
Persib saat ini berada di peringkat keenam klasemen sementara dengan koleksi lima poin dari tiga pertandingan. Skuat asuhan Dejan Antonic itu meraih dua hasil imbang kontra Sriwijaya FC (1-1) dan Pusamania Borneo FC (0-0). Sedangkan satu laga lain berakhir dengan kemenangan 2-0 atas Bali United FC.
 
Berbanding terbalik dengan Persib, Persiba justru terbenam di posisi ke-16 setelah hanya meraih satu poin dari tiga laga. Oktovianus Maniani dkk belum satu kali pun meraih kemenangan usai kalah 0-2 dari Arema Cronus dan 0-1 dari Pusamania Borneo FC. Sementara satu laga lain berakhir imbang tanpa gol melawan Sriwijaya FC.
 
Meski di atas kertas diunggulkan, namun Persib tetap tak mau memandang remeh Persiba. Skuat asuhan Jaino Matos itu memiliki potensi untuk mengejutkan Persiba. Apalagi Persiba juga sempat menahan salah satu tim kuat Indonesia, Sriwijaya FC.

Baca Juga

  • Libas Korea, Tim Piala Thomas Indonesia ke Final
  • Kunci Sukses Angga / Ricky Antar Tim Thomas Indonesia ke Final
  • Pendamping Rossi Kaget Suzuki Jadikan Iannone Pembalap Andalan

"Meski Persiba belum menang, namun di kandang mereka sangat kuat. Lagipula tidak ada pertandingan mudah di turnamen ini," ujar gelandang Persib, Robertino Pugliara.
 
"Tetapi kita sudah siap untuk bermain di sana. Kami ingin mengambil tiga poin, untuk itulah Persib datang ke sana," tambah eks-gelandang Persipura Jayapura itu.
 
Meski optimistis, Persib juga mewaspadai permainan keras yang diterapkan oleh tim asal Kalimantan ini. Sebab, dalam tiga pertandingan awal, permainan kasar Persiba sudah memakan empat korban. Mereka adalah Syaiful Indra Cahya, Cristian Gonzales, Dendi Santoso dan teranyar Aang Suparman.
 
Tak hanya itu, total 12 kartu kuning dan satu kartu merah sudah didapat oleh skuat Persiba. Antonio Teles dan Ledi Utomo sebagai pengoleksi terbanyak.
 
Melihat kondisi lawan yang memiliki karakter tak kenal kompromi, pelatih Persib, Dejan Antonic tetap kalem dan fokus mempersiapkan timnya untuk meraih kemenangan.
 
"Mungkin, kami bisa bermain keras juga. Namun, saya tidak suka kalau tim bermain keras. Lebih baik, kami bermain dengan taktik dan teknik. Ini bisa bantu mengembangkan sepak bola Indonesia," ujar pelatih asal Serbia tersebut.
 
Pada laga nanti, Persib belum bisa menurunkan penyerang anyar mereka, Sergio van Dijk. Striker naturalisasi tersebut tak dibawa melawat ke markas Persiba karena faktor kebugaran. Sementara Zulham Zamrun dan Rachmad Hidayat masih dibekap cedera.
 
Beralih ke kubu lawan, pelatih Jaino Matos tampaknya belum menyerah meski timnya terus meraih rentetan hasil kurang memuaskan di Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. Pelatih asal Brasil tersebut bahkan tetap optimistis, bisa meraih tiga poin perdana saat menjamu Persib di depan ribuan pendukung yang akan datang ke stadion.
 
"Kita siapkan skema baru, kita siapakan sesuatu yang baru, pokoknya bakal ada sesuatu baru lawan Persib nanti. Jadi evakluasi kita, kita terus lakukan persiapan," kata Jaino.
 
Pada laga nanti, Persiba akan tampil sedikit pincang lantaran tak bisa diperkuat dua pemain andalan, Antonio Teles dan Ledi Utomo. Keduanya terkena hukuman kartu pada pertandingan sebelumnya.
 
Namun, Jaino tampaknya sudah mendapatkan pemain pengganti yang akan mengisi posisi yang lowong tersebut. Untuk posisi Teles, Jaino akan memasang asisten pelatihnya, Bima Sakti, sebagai jangkar lini tengah Persiba. Kehadiran Bima diharapkan bisa memompa semangat para pemain untuk menghadapi kehebatan Persib. (Oleh Yosef Deni Pamungkas)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persiba Balikpapan V Persib Bandung (Liputan6.com / Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.