Sukses

6 Fakta Unik Van Gaal Selama Latih MU

Louis van Gaal sudah dibebastugaskan sebagai manajer Manchester United pada Senin (23/5/2016).

Liputan6.com, Manchester - Louis van Gaal sudah dipecat sebagai manajer Manchester United pada Senin (23/5/2016). Padahal, dia masih menyisakan kontrak selama satu tahun di Old Trafford Stadium.

Manajemen Setan Merah --julukan MU-- memecat Van Gaal karena gagal menempatkan Wayne Rooney dan kawan-kawan di zona Liga Champions. Musim ini, MU finis di posisi kelima dalam klasemen Liga Premier Inggris.

Baca Juga

  • Trofi Piala FA Milik MU Rusak Gara-gara Carrick dan Rooney
  • Rasakan Sensasi Bermalam di Menara Eiffel Selama Euro 2016
  • 5 Fakta Menarik Bintang Persib Bandung Sergio van Dijk

Meski gagal menembus zona Liga Champions, pelatih berusia 64 tahun tersebut telah mempersembahkan trofi FA Cup, akhir pekan lalu, sebuah turnamen yang belum dimenangkan Setan Merah dalam 12 tahun terakhir.

Setelah Van Gaal meninggalkan Old Trafford Stadium, nama Jose Mourinho menjadi kandidat kuat penggantinya. Terlebih lagi, Mourinho adalah manajer tersukses di Liga Premier Inggris. Mourinho punya rasio kemenangan tertinggi bila dibandingkan dengan manajer lain, yakni sebesar 66 persen.

Menariknya, ada enam fakta mengenai Van Gaal sejak melatih MU. Apa saja itu? Simak di halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta menarik Van Gaal selama menjadi manajer MU

Fakta menarik Van Gaal selama menjadi manajer MU

1. Van Gaal memimpin MU dalam 103 pertandingan di semua kompetisi. Dia meraih 54 kemenangan, 25 hasil imbang dan 24 kali kekalahan. Tingkat keberhasilannya membawa MU meraih kemenangan sebesar 52,43 persen.

2. Tingkat keberhasilan Van Gaal mempersembahkan kemenangan untuk MU di Liga Premier Inggris sebesar 51,3 persen. Dengan demikian, dia dinyatakan sebagai manajer paling buruk MU bila dibandingkan dengan pelatih legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson (60,4 persen) dan Ernest Mangall (54,2 persen).

Louis van Gaal ternyata lebih buruk dari Sir Alex Ferguson. (AFP/Glyn Kirk)

3. Pada musim 2015/16, Setan Merah gagal mencetak gol dalam 10 pertandingan Liga Premier Inggris. Itu menjadi catatan terburuk tim selama berkompetisi di Liga Premier Inggris.

4. Van Gaal adalah manajer ketiga asal Belanda yang berhasil memenangkan FA Cup. Sebelumnya ada Guus Hiddink dan Ruud Gullit.

5. Rasio gol MU pada musim 2015/16 masuk dalam rekor buruk tim selama berkompetisi di di Liga Premier Inggris. Bila dikalkulasi, rasio gol MU hanya 1,29 per laga.

Bersama Louis van Gaal, jumlah gol MU sangat sedikit. (Reuters)

6. MU juga mencatatkan rekor buruk bersama Van Gaal. Musim ini, hanya ada 32 gol tercipta di Old Trafford Stadium. Hal itu menjadi rekor buruk yang pernah dibuat MU selama berkompetisi di Liga Premier Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.