Sukses

Xavi: Guardiola Mampu Mengubah Wajah Sepak Bola Inggris

Mantan pemain Barcelona, Xavi Hernandez percaya Josep Guardiola mampu memberikan perubahan di Liga Inggris

Liputan6.com, Doha - Mantan pemain Barcelona, Xavi Hernandez percaya Josep Guardiola mampu memberikan perubahan di Liga Inggris. Musim 2016/17, Pep meninggalkan Bayern Muenchen menuju Manchester City.

Menurut pemain jebolan Akademi La Masia tersebut, Guardiola bakal memberikan warna baru bagi sepak bola Inggris yang selama ini terkenal dengan sebutan kick n' rush. Sentuhan permaian tiki taka khas Spanyol khas Guardiola, menurut Xavi membuat Liga Inggris bakal lebih kompetitif dan semakin menarik.

"Sekarang menjadi kesempatan bagus bagi dia bersama Mancehester City. Saya percaya, dia mampu mengubah wajah sepak bola Inggris," kata Xavi yang kini memperkuat klub asal Qatar, Al Sadd ini.

 

Baca Juga

  • Liverpool Tantang Barcelona di London
  • Karier Van Gaal di MU dalam Angka
  • MU Bakal Guyur 200 Juta Pounds, Mourinho Siap Gerogoti Chelsea

 

Xavi sempat merasakan tangan dingin Guardiola. Bersama Guardiola, Xavi mampu melengkapi koleksi gelar juara di Barcelona. Dalam rentang 2008 hingga 2012, Guardiola mampu merebut 14 trofi. 

Guardiola sejatinya bisa meninggalkan Muenchen dengan menepuk dada. Ya, selama tiga musim menangani FC Hollywood, pelatih yang juga mantan pemain Barcelona itu tidak pernah absen memberikan trofi Bundesliga masing-masing musim 2013-14, 2014-15, dan 2015-16.

Selain dari segi permainan, Guardiola pun sanggup mengubah mental para pemain. Dia menilai City beruntung bisa mendapatkan jasa pelatih berusia 45 tahun ini.

"Bila ada orang yang bisa mengubah mental, dia adalah Guardiola. Melatih City merupakan kesempatan besar meskipun tekanannya bakal sangat hebat; karena semua orang berharap banyak pada Guardiola."

"Tidak perlu diragukan lagi, dia merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia sekarang," ujar Xavi menambahkan.

Menarik ditunggu bagaimana kiprah Guardiola bersama tim barunya. Terlebih, Guardiola kemungkinan besar bakal kembali bersua dengan Jose Mourinho yang digadang-gadang menggantikan posisi Louis Van Gaal sebagai pelatih baru Manchester United, rival sekota City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana

    Xavi Hernandez

  • Josep Guardiola merupakan eks pemain sepak bola yang kini menggeluti dunia kepelatihan sepak bola
    Josep Guardiola merupakan eks pemain sepak bola yang kini menggeluti dunia kepelatihan sepak bola

    Josep Guardiola

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

Video Terkini