Sukses

Yamaha Ungkap Penyebab Meledaknya Motor Rossi di Mugello

Rossi gagal lanjutkan balapan karena mesin motor meledak dan keluarkan asap yang banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Tim movistar Yamaha menduga ada kesalahan setelan dari tim mekanik yang menyebabkan meledaknya mesin motor Valentino Rossi di lap ke-9 Sirkuit Mugello pada MotoGP Italia, Minggu (22/5/2016). Mekanik diduga sudah overrev atau memodifikasi mesin terlalu ekstrem demi mendapatkan putaran mesin yang tinggi.

Baca Juga

  • Bale Khawatir Real Madrid Kalah di Final Liga Champions
  • Momen Saat Para Pembalap F1 Kalahkan Ranieri
  •  PSSI Tak Punya Anggaran, DPR Minta Menpora Bantu Timnas Indonesia

Praktis, seperti dilansir motorsport, putaran tinggi bisa membuat motor lebih kencang. Sialnya, kondisi trek lurus sirkuit Mugello yang bergelombang membuat mesin motor cepat jebol.

Diduga ban belakang bisa berputar hingga 380 km per jam saat ban kehilangan grip (ban terangkat). Ini menambah putaran mesin per menit sehingga 'menyiksa' mesin.

"Ditambah dengan ECU yang terbatas, itu turut memicu matinya pengapian di mesin," ujar seorang sumber di Yamaha seperti dilansir Motorsport.

Seperti diketahui, masalah mesin juga dialami Jorge Lorenzo di sirkuit Mugello. Bedanya, Lorenzo beruntung karena kerusakan mesin terjadi di sesi pemanasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Jatuhkan Vonis

Meski demikian, Yamaha belum mengeluarkan vonis pasti terkait kegagalan Rossi lalu. Pemaparan di atas masih hanya dugaan sementara.

"Perlu diingat, Rossi juga terus menggeber motornya kejar Lorenzo di 9 lap awal. Itu membuat dia kesulitan dinginkan mesin," ujar sumber lain di Yamaha.

Bukti lain yang bisa menunjukkan Rossi 'paksa' motornya yaitu kecepatan puncak di balapan. Lorenzo yang jadi juara baru capai kecepatan puncak di lap ke-22 dengan 340,9 km/jam di lap ke-22.

Sedangkan Rossi sudah torehkan top speed 343,2 km/jam di lap ke-7. Sampai lap ke-9, Rossi kalahkan top speed Lorenzo sebanyak 5 kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.